4 Ciri Shockbreaker Mobil Rusak, Kenali Gejalanya sebelum Semakin Parah

by -824 Views
4 Ciri Shockbreaker Mobil Rusak, Kenali Gejalanya sebelum Semakin Parah

Garudamuda.co.id – Pernah merasakan shockbreaker mobil rusak? Atau mungkin pernah satu kali shockbreaker mobil Anda rusak dan Anda tak menyadarinya karena tidak mengetahui ciri-cirinya? Nah agar lebih dapat mengidentifikasi kerusakan bagian ini, berikut berapa ciri shockbreaker mobil rusak.

Tentu saja, Anda harus memastikan dugaan atau ciri di bawah ini dengan membawa mobil ke tempat servis shockbreaker.

Shock absorber tengah dibongkar untuk deteksi adanya rembesan oli. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/twenty20photos].

1. Posisi Mobil Miring

Karena shockbreaker ada di keempat kaki mobil, maka ketika ada satu bagian yang rusak akan sangat tampak pada tampilan mobil. Posisi mobil terlihat miring, atau saat dikendarai Anda merasa mobil tidak berada dalam kondisi rata dan miring ke satu bagian.

Baca Juga:
Butuh Kendaraan untuk Mengangkut Keluarga pas Lebaran Nanti? Simak Harga Mobil Veloz Baru dan Bekas di Bulan April 2022

Hal ini juga bisa dilihat dari jarak antara ban dan spakbor mobil. Pada mobil normal, jarak di keempat sisinya akan serupa. Ketika ada yang tidak sama, bisa menjadi indikasi terjadi kerusakan shockbreaker.

2. Kondisi Ban Aus Tidak Rata

Mengikuti ciri pertama tadi, yang menjadi efek sampingnya adalah kondisi ban aus yang tidak merata. Hal ini dikarenakan tekanan berbeda yang diterima bagian roda dengan shockbreaker rusak, sehingga beban akan lebih banyak ditanggung di titik tersebut.

Idealnya, ban aus akan terjadi secara merata. Entah pada kedua ban depan, atau kedua ban belakang, yang pasti selalu berpasangan. Ketika yang mengalami aus hanya satu roda saja, maka bisa jadi indikasi shockbreaker bagian tersebut rusak.

3. Kebocoran Oli

Baca Juga:
Cocok Buat Sambut Lebaran, Simak Harga Toyota Raize Baru dan Bekas di Bulan April 2022: Desain Kece, Mesin Oke!

Pada bagian shockbreaker, terdapat oli yang digunakan. Jika terjadi kerusakan, salah satu cirinya adalah kebocoran oli shockbreaker. Cairan oli akan merembes dan membuat kotoran menempel. Sebagai catatan, hal ini hanya bisa terjadi pada jenis shockbreaker yang menggunakan cairan atau oli.

Untuk mengetahuinya dengan pasti, Anda bisa langsung ke bengkel terdekat dan melakukan servis pada bagian tersebut.

4. Ada Bunyi Benturan

Tanda selanjutnya, yang mungkin menjadi paling jelas, adalah adanya bunyi benturan di bagian kaki mobil saat jalanan tidak rata. Hal ini karena adanya gesekan dan benturan keras pada bagian shockbreaker, karena  bagian ini tidak berfungsi.

Kerusakannya biasanya terletak di bagian karet support, piston, atau rusaknya bushing lower arm dan bushing stabilizer.

Itu tadi 4 ciri shockbreaker mobil rusak yang paling umum terjadi. Tentu, karena ini semua tergantung dengan sensitivitas masing-masing orang, maka mungkin saja Anda mendeteksi satu ciri dan tidak ciri lain. Semoga bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!



#Ciri #Shockbreaker #Mobil #Rusak #Kenali #Gejalanya #sebelum #Semakin #Parah

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.