Gunakan Standar Samping Saat Matikan Motor Matik Ternyata Bikin Aki Cepat Jebol

by -605 Views
Gunakan Standar Samping Saat Matikan Motor Matik Ternyata Bikin Aki Cepat Jebol

Garudamuda.co.id – Motor matik sudah banyak yang dilengkapi sensor pada bagian standar samping. Banyak pengguna motor jenis ini punya kebiasaan mematikan mesin, hanya dengan mengaktifkan standar samping dan bukan menggunakan kunci kontak.

Ternyata jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, bisa boros di aki. Karena cara ini tidak langsung membuat komponen yang butuh listrik dari aki lainnya ikut mati.

Di motor matik, banyak bagian yang butuh kelistrikan dan tidak otomatis langsung mati saat kita mengaktifkan standar samping. Contohnya seperti headlamp dan speedometer.

Ilustrasi standar motor samping (Hondaph.com)

Seperti dikutip dari WahanaHonda, jika motor dimatikan bukan dengan cara menekan power off mesin, dan hanya menggunakan standar samping, bisa membuat daya pada aki cepat terkuras.

Baca Juga:
MotoGP Pentas di Argentina, Valentino Rossi Berlaga di Imola

Pasalnya pengisian arus pada aki bergantung pada putaran mesin motor. Saat mesin motor matik dalam kondisi mati akibat mengaktifkan standar samping bisa membuat pengisian arus ke aki jadi terhenti. Sedangkan speedometer dan headlamp tetap butuh arus listrik dari aki.

Efek negatifnya, lama kelamaan akan membuat aki jadi lemah dan akhirnya soak. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya mematikan mesin motor matik dengan kunci kontak di putar ke posisi off. Bukan hanya mengaktifkan standar samping.

Untuk meminimalisir aki soak disarankan mematikan mesin motor matik melalui kunci kontak. Dengan cara ini, seluruh komponen yang menyedot listrik akan ikut mati dan tidak membebani kinerja aki motor.



#Gunakan #Standar #Samping #Saat #Matikan #Motor #Matik #Ternyata #Bikin #Aki #Cepat #Jebol

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.