Saksikan Keandalan Spot, Penjaga Cerdas Booth Hyundai di IIMS Hybrid 2022

by -135 Views
Saksikan Keandalan Spot, Penjaga Cerdas Booth Hyundai di IIMS Hybrid 2022

Garudamuda.co.id – Bila berkunjung ke booth Hyundai di ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS Hybrid 2022, jangan heran dengan kehadiran sosok satu ini.

Pengalaman Garudamuda.co.id sendiri bak berjalan-jalan bersama seekor Dobermann atau Doberman Pinscher. Berkaki jenjang warna hitam, namun tubuhnya kuning dengan wajah cat senada. Pada sisinya tertulis Hyundai dan Boston Dynamics.

Sosok cerdas ini akrab disapa Spot, sebuah nama yang sudah dipatenkan. Kehadiran awalnya adalah robot penjaga pabrik Hyundai di Korea Selatan dengan spesialisasi jaga malam.

Salah satu keunggulannya, Spot bisa “menyamar” menjadi meja atau benda dimensi kotak sehingga mirip barang industri.

Baca Juga:
Danamon Manjakan Pengunjung IIMS Hybrid 2022 Lewat Berbagai Produk Pembiayaan, Plus Hadiah Mobil

Seperti di booth Hyundai IIMS Hybrid 2022, ia mengawal charger mobile dari sebuah mobil listrik laboratorium Hyundai dalam bentuk persegi. Baru kemudian menjelma menjadi “Dobermann besi” saat bercengkerama dengan anak-anak.

“Robot Layanan Keamanan Pabrik ini adalah proyek kolaborasi pertama kami dengan Boston Dynamics. Robot akan membantu mendeteksi risiko dan mengamankan keselamatan orang-orang di lokasi industri,” jelas Dong Jin Hyun, Kepala Lab Robotika Grup Motor Hyundai, dari rilis Hyundai Korea sebagaimana dikutip Garudamuda.co.id.

“Kami juga akan terus menciptakan layanan cerdas yang mendeteksi bahaya di lokasi industri dan membantu mendukung lingkungan kerja yang aman melalui kolaborasi berkelanjutan dengan Boston Dynamics,” tambahnya.

Penampilan “meja” dari Spot, robot berkaki empat dari Hyundai dan Boston Dynamics [Garudamuda.co.id/CNR ukirsari].

Spot di booth Hyundai memiliki spesifikasi pengendali Artificial Intelligence (AI), navigasi otonom, teknologi teleoperasi, dan muatan komputasi (Unit Layanan Pemrosesan AI) untuk penggunaan robot dalam berbagai tugas industri.

Baca Juga:
Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Melantai di IIMS Hybrid 2022

Dengan kamera termal terintegrasi dan LiDAR 3D, Spot mampu mendeteksi kehadiran manusia di sekitarnya, memantau situasi suhu tinggi dan potensi bahaya kebakaran, sampai melihat apakah pintu terbuka atau tertutup.

Dalam pemakaian di pabrik, Spot bisa Robot dikendalikan secara jarak jauh melalui halaman web aman yang menyediakan streaming langsung pergerakannya di sekitar pabrik. Hasilnya, para petugas keamanan bisan mengamati area industri dari jarak jauh.

Lantas peran apakah yang diemban Spot dalam IIMS Hybrid 2022?

Paling mengemuka adalah edukasi dalam kemasan entertainment, khususnya anak-anak yang bertandang ke booth Hyundai.

Bisa juga memantau temperatur para pengunjung mengingat saat ini dalam masa pandemi COVID-19.

Spot dari Hyundai berdasarkan teknologi robotic Boston Dynamics saat akan "menyamar" menjadi meja [Garudamuda.co.id/CNR ukirsari].
Spot dari Hyundai berdasarkan teknologi robotic Boston Dynamics saat akan “menyamar” menjadi meja [Garudamuda.co.id/CNR ukirsari].

Dan tak kalah penting tentu turut mengamankan situasi karena Spot memiliki fasilitas berbagi foto situasi di tempat secara real-time dan log aktivitas dengan pusat kendali serta mendukung respons cepat dalam keadaan darurat.

Operasional di halaman web kontrol pun bisa beralih ke operasi jarak jauh manual kapan pun diperlukan untuk melihat lebih dekat lokasi yang dianggap penting.

Jangan lupa, Spot si robot berkaki empat ini memiliki kemampuan menavigasi melalui ruang sempit serta mengidentifikasi area buta yang sulit dilihat mata manusia.

Jadi, asyik bukan “berbincang” bersama Spot, bahkan berdansa berduaan dengannya di IIMS Hybrid 2022.



#Saksikan #Keandalan #Spot #Penjaga #Cerdas #Booth #Hyundai #IIMS #Hybrid

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.