Ini Deretan Hal yang Harus Diketahui

by -517 Views
Ini Deretan Hal yang Harus Diketahui

Garudamuda.co.id – Transmisi otomatis atau yang lebih dikenal dengan nama Matic memang lebih populer dibandingkan mobil bertransmisi manual. Salah satu alasannya karena cenderung lebih mudah dioperasikan. Namun apakah semua orang sudah mengetahui praktik terbaik cara mengemudi mobil matic?

Berbeda dengan manual, mobil matic hanya memiliki dua pedal yaitu rem dan gas, sehingga memudahkan pengendara pemula. Namun, hal terpenting saat mengendarai mobil matic adalah mengetahui fungsi perintah pada transmisi otomatis. Mempraktikkan transmisi sesuai fungsinya tentu akan membuat mobil Anda lebih awet.

Berikut Cara Mengemudi Mobil Matic

Ilustrasi tuas transmisi mobil matic. (Pexels/Garvin St. Villier)

Banyak pengemudi mobil  yang telah mengendarai mobil yang dilengkapi transmisi manual sepanjang hidup mereka yang bertanya-tanya bagaimana cara mengemudi mobil otomatis. Sebagian besar, mobil matic lebih mudah dikendarai, hanya karena tidak perlu mengoperasikan kopling.

Baca Juga:
Ford Otosan Jadi Produsen Mobil Listrik Murni Terbesar di Turki

Untuk selengkapnya, berikut ini cara mengemudi mobil matic yang perlu diketahui yang dilansir dari situs Car24

  • Untuk memulai mengemudikan mobil matic, pastikan posisi tuas persneling pada posisi N (Netral).
  • Selanjutnya, injak pedal rem dan nyalakan kunci kontak.
  • Pasang tuas persneling ke mode D (Drive) dan mulailah melepaskan pedal rem.
  • Saat mobil mulai bergerak maju, gunakan kaki kanan Anda untuk mengoperasikan pedal gas dan rem untuk mengontrol kecepatan.
  • Kaki kiri harus tetap diistirahatkan setiap saat dan orang tidak boleh menggunakannya untuk mengerem.
  • Saat parkir, pastikan untuk meninggalkan mobil di posisi P dan gunakan rem tangan untuk mencegahnya berguling ke depan atau ke belakang saat parkir di lereng.

Itulah beberapa cara mengemudikan mobil matic. Jika Anda baru pertama kali menggunakan mobil matic, sebaiknya Anda baca dulu buku panduannya. Umumnya, belajar mengendari mobil matic lebih mudah dan tidak memakan waktu lama dibandingkan yang manual.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa apa yang Anda pelajari dalam waktu singkat tidak lain adalah mengemudi dasar, yang berarti Anda belajar menggunakan pedal gas untuk maju, mengerem untuk berhenti, dan menyetir agar tetap di jalan.

Selanjutnya, mungkin diperlukan waktu hingga tiga bulan atau bahkan lebih untuk menjadi cukup mampu mengemudi di jalan umum. Bahkan, selepas Anda mulai mengendarai di jalan biasa, Anda mungkin memakan waktu berbulan-bulan sampai akhirnya  benar-benar mahir mengemudikan mobil matic maupun manual.

Selain itu, pastikan Anda tidak mulai mengemudi di jalan umum sebelum Anda memiliki setidaknya SIM pelajar, dalam hal ini, Anda harus didampingi oleh seseorang yang memegang SIM permanen.

Baca Juga:
Viral Pak Haji Berpakaian Sederhana yang Beli Mitsubishi Pajero Pakai Uang Receh, Niatnya Tak Terduga

Kontributor : Ulil Azmi



#Ini #Deretan #Hal #yang #Harus #Diketahui

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.