Astra UD Trucks Luncurkan Quester Euro 5, Gunakan Teknologi SCR

by -1275 Views
Astra UD Trucks Luncurkan Quester Euro 5, Gunakan Teknologi SCR

Garudamuda.co.id – Kabar gembira datang dari Astra UD Trucks yang menyebutkan bahwa produknya, Quester terbaru telah lulus pengujian emisi dari lembaga independen penguji. Produk ini dinyatakan menghasilkan nilai NOx di bawah ambang batas Euro 5.

Dikutip dari kantor berita Antara, dengan mengantongi hasil ini maka Quester memenuhi standar emisi Euro 5 walaupun menggunakan bahan bakar subsidi.

Selain itu, Quester Euro 5 telah didaftarkan Serifikasi Uji Tipe (SUT) di Kementerian Perhubungan.

Board management Astra UD Trucks dalam peluncuran Quester Euro 5 (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Astra UD Trucks resmi meluncurkan model terbaru Quester berstandar Euro 5 yang ramah lingkungan dan irit dalam konsumsi bahan bakar. Kendaraan ini berbahan bakar solar subsidi atau biosolar.

Baca Juga:
Tak Perlu Cemas Ketahanan Baterai Mobil Listrik, All-New Toyota bZ4X di Jepang Hadir dalam Konsep Sewa

Winarto Martono, Kepala Eksekutif Astra UD Trucks di Jakarta, Selasa (12/4/2022) menyatakan bahwa ada dua teknologi untuk memenuhi standar emisi gas buang yang ditetapkan pemerintah, yaitu:

  1. Selective Catalyc Reduction (SCR)
  2. Exhaust Gas Recirculation (EGR).

“EGR mengharuskan pengguna memakai BBM bersulfur maksimal 50 ppm, setara dengan Pertamina Dex (nonsubsidi),” jelas Winarto Martono.

“Dengan mempertimbangkan peraturan pemerintah terkait standar emisi gas buang harus setara Euro 4 dan kepentingan perusahaan truk Indonesia, UD Trucks memutuskan untuk menggunakan teknologi SCR,” tandasnya.

Adapun keunggulan dari teknologi SCR adalah kemampuan beradaptasi dengan berbagai jenis bahan bakar biosolar atau solar subsidi dan tetap menghasilkan emisi gas buang Euro 5.

“Hal ini merupakan solusi yang tepat bagi tuntutan pemerintah dan pengusaha truk di Indonesia,” lanjut Winarto Martono.

Baca Juga:
Mantan Kapten Timnas Kolombia Freddy Rincon Mengalami Laka Lantas Mobil Lawan Bus, Ini Tabrakan Parah Kedua Kali

Sementara itu, ditinjau dari spesifikasi Quester yang diluncurkan 2015, Quester Euro 5 menggunakan mesin yang sama.

Keduanya sama-sama mengadopsi mesin commonrail dipadukan teknologi SCR sehingga mampu melindungi mesin tetap awet sepanjang waktu, dan aman dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang.

Penggunaan AdBlue sebesar 3-5 persen dari bahan bakar yang digunakan, sehingga efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Kemasan AdBlue menggunakan jeriken 10L, dan untuk setiap pembelian pertama Quester Euro 5, perusahaan akan memberikan 800L gratis yang dibagi dalam empat tahap pengiriman.

“Tangki AdBlue di Quester Euro 5 memiliki kapasitas 50 liter, dan kami mengedukasi pelanggan untuk sediakan 1 jeriken AdBlue sebagai cadangan saat kondisi darurat dalam kabin truk,” lanjutnya.

Untuk mengontrol penggunaan Ad Blue, pengemudi bisa melihat indikator Ad Blue yang tersedia di dasbor truk, serta fitur di telematics.

Harga AdBlue dibanderol Rp 10.000 per L dan bisa didapatkan di seluruh jaringan marketplace Astra UD Trucks di Indonesia.

Kendaraan ini hadir dengan berbagai tipe dan varian mulai dari 4×2 R, 4×2 TH, 6×2 R, dan 6×4 TH, dengan kisaran harga lebih tinggi 2,5 hingga 3 persen dari seri pendahulunya.

Astra UD Trucks juga memberikan berbagai paket penawaran dan penjualan spesial Quester Euro 5. Serta layanan purna jual yang mudah diakses dari berbagai kanal.



#Astra #Trucks #Luncurkan #Quester #Euro #Gunakan #Teknologi #SCR

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.