Kemenhub Imbau Pemudik Tak Naik Sepeda Motor

by -912 Views
Kemenhub Imbau Pemudik Tak Naik Sepeda Motor

Garudamuda.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat untuk mengurangi keinginan untuk mudik menggunakan roda dua sebab sangat rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Kita memastikan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dikurangi, kalau bisa jangan. Karena pemudik roda dua ini aspek keselamatannya berisiko, belum lagi cuaca saat ini, jadi kita sediakan juga mudik gratis tahun ini,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Senin (18/4/2022).

Adita mengatakan Kemenhub terus memastikan sektor transportasi siap melayani masyarakat pada masa Angkutan Lebaran 2022. Menurut dia, pada masa pandemi ada dua aspek yang menjadi perhatian, yaitu aspek kesehatan dan keselamatan.

Kemenhub melakukan pengecekan langsung dan inspeksi keselamatan atau ramp check kepada operator terkait untuk memastikan moda transportasinya layak beroperasi.

Baca Juga:
Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022, Yuk Ikut Program Vaksinasi Gratis dari PBNU

Selain itu, awak transportasi juga harus dalam kondisi prima dan sehat saat melayani masyarakat, sehingga perjalanan mudik bisa berjalan dengan baik dan selamat.

“Sekarang karena antusiasme masyarakat, kita harus pastikan operator dan semua kendaraannya sudah siap melayani,” ujarnya.

Ia mengatakan berdasarkan hasil survei Balitbanghub, sektor darat menjadi yang paling krusial untuk ditangani.

Diprediksi ada 85,5 juta orang yang akan melakukan perjalanan di masa mudik dan 47 persen di antaranya akan menggunakan jalur darat baik itu kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) maupun bus.

Diperkirakan, pemudik yang berangkat dari Jabodetabek sekitar 14,3 juta orang dan jumlah pemudik meningkat sekitar 45 persen dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi.

Baca Juga:
Tegas! Dirlantas Polda Metro Jaya: Tak Ada Penyekatan Saat Mudik dan Arus Balik

“Kita juga harus siapkan cadangan alat transportasi, jangan sampai nanti over capacity dan banyak masyarakat tak terlayani,” pungkas Adita. [Antara]

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Kemenhub #Imbau #Pemudik #Tak #Naik #Sepeda #Motor

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.