Biar Tak Lecet dan Cat Tetap Awet, Begini Langkahnya

by -323 Views
Biar Tak Lecet dan Cat Tetap Awet, Begini Langkahnya

Garudamuda.co.id – Jika Anda ingin sepeda motor Anda tetap bersih, Anda memiliki dua pilihan, yakni mencucinya, atau tetap menutupnya di garasi. Namun, tidak mungkin untuk selalu menutupnya karena tentu setiap hari Anda akan menggunakan motor tersebut. Solusinya agar motor tetap bersih yaitu dengan mencucinya. Lantas, bagaimana cara cuci motor sendiri? Berikut ulasannya.

Diketahui, mengetahui cara cuci motor dengan benar membantu Anda dalam menghemat waktu, uang, serta bisa sesuai dengan yang Anda inginkan. Membersihkan sepeda motor bukan hanya sekedar menghilangkan zat korosif (yaitu garam dan kotoran di jalan).

Membersihkan dan mencuci motor merupakan kesempatan besar bagi Anda untuk memeriksa sepeda motor Anda dengan hati-hati untuk setiap masalah struktural atau sambungan yang mungkin tidak langsung terlihat oleh Anda. 

Untuk selengkapnya, berikut ini cara cuci motor sendiri dengan benar agar cat tidak cepat pudar. Simak baik-baik!

Baca Juga:
Best 5 Oto: Presiden RI Joko Widodo Kemudikan Buggy Golf Cart, Stellantis Miliki Share Now, Mobil Terbang Suzuki

Mencuci motor. [Envato]

1. Pilih Sampo Motor Berdasarkan Tujuan Penggunaan

Agar hasil cucian motor bisa maksimal, pastikan Anda memilih sampo motor yang tepat yang tidak membuat cat lekas pudar. Perhatikan baik-baik komposisi dan kegunaan sampo. Sampo yang memiliki kandungan wax dapat membuat motor jadi lebih berkilau usai dicuci. Namun ini tidak mampu membersihkan kotoran yang berat. 

Jika Anda mencuci motor yang sangat kotor, Anda bisa pilih sampo yang memiliki banyak kandungan detergen. Diketahui, detergen ini bahan kuat untuk membersihkan berbagai macam noda. Pastikan juga Anda mempilih sampo yang mengadung water softener serta pH seimbang. Ini berguna agar cat tidak cepat pudar.

2. Banyak Busa

Pilihlah sampo yang memiliki banyak busa. Pasalnya, busa berguna dalam meminimalkan kemungkinan cat motor tergores. Selain itu, sampo jenis ini juga mampu membersihkan secara detail. Berbeda dengan sampo sedikit busa, yang memungkinkan terjadinya gesekan pada cat motor sehingga muncul goresan.

Baca Juga:
Yamaha Kumpulkan Data dari Pengguna E01, Apakah yang Hendak Dicari?

3. Memiliki Kandungan yang Ramah

Jangan asal saat beli sampo motor. Jangan tergiur dengan harganya murah, karena harga murah belum tentu kandungan sampo ramah bagi motor Anda.  Oleh karena itu, hindari beli sampo motor yang mengandung Hcl, NaOH, dan KOH. Sebab, kandungan tersebut dapat membuat korosif pada cat motor dan lapisan cat motor juga bisa cepat rusak.

Nah berikut ini beberapa merek sabun atau sampo cuci motor yang aman untuk motor Anda, sehingga cat motor tidak cepat pudar:

  1. WAXCO Wash & Shine Car Shampoo
  2. Chemical Guys
  3. Meguiars Ultimate Wash & Wax
  4. Sabusa Coating Shampo
  5. Sparindo Mustika NOSY Shampo Motor
  6. TopRon Shampo Mobil-Motor
  7. Godrej Carrera Shampoo Motor
  8. Mizu Shield Matte Snow Wash
  9. SC Johnson KIT Motor Shampoo

Demikian informasi mengenai cara cuci motor sendiri agar cat motor tidak lekas pudar. Semoga informasi ini bermanfaat.



#Biar #Tak #Lecet #dan #Cat #Tetap #Awet #Begini #Langkahnya

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.