Marak Kebakaran Motor Listrik karena Cuaca Terik, Pakar Ungkap Pentingnya Pemakaian Radiator di Baterai

by -706 Views
Marak Kebakaran Motor Listrik karena Cuaca Terik, Pakar Ungkap Pentingnya Pemakaian Radiator di Baterai

Garudamuda.co.id – Selama beberapa minggu terakhir, banyak kendaraan roda dua listrik yang terbakar di India, termasuk yang dibuat oleh Ola, Okinawa, Pure EV dan Jitendra EV.

Insiden kebakaran ini telah menimbulkan kekhawatiran tentang keselamatan kendaraan listrik (EV) di negara tersebut.

Sebagian besar produsen peralatan asli (OEM) telah diminta oleh Pusat untuk secara sukarela mengambil kembali (atau menarik) kendaraan roda dua yang ‘cacat’.

Dilansir dari Financial Express, Ola, Okinawa dan Pure EV dilaporkan menarik hampir 7.000 kendaraan roda dua listrik, bahkan ketika pembuat EV lainnya berkomitmen pada arahan wajib oleh menteri transportasi jalan dan jalan raya Nitin Gadkari.

Baca Juga:
Benarkah BBM Oktan Tinggi Bikin Awet Mesin?

Sebagian besar ahli mengatakan bahwa insiden kebakaran EV terkait dengan baterai.

“Perusahaan EV perlu lebih mengantisipasi lingkungan di mana EV mereka akan dioperasikan, dan mengujinya dalam skenario dunia nyata alih-alih pengujian laboratorium yang dipercepat,” Aravind Kumar Chandiran, asisten profesor, Departemen Teknik Kimia, IIT Madras.

Sebagian besar kendaraan roda dua listrik di India menggunakan baterai berpendingin udara, yang menurut beberapa ahli tidak kondusif untuk iklim India.

Matter, perusahaan rintisan yang berbasis di Ahmedabad, mengklaim telah mengembangkan paket baterai EV kendaraan roda dua berpendingin cairan pertama di India.

“Fungsi pendingin udara mungkin tidak cocok untuk beragam, dan terkadang panas luar biasa, kondisi cuaca, yang berkisar dari -5 derajat Celcius hingga 50 derajat Celcius,” Mohal Lalbhai, pendiri & CEO Matter, sebuah perusahaan rintisan teknologi dalam penyimpanan energi dan ruang EV.

Baca Juga:
Duet Bareng VW, Ducati Siap Menelurkan Motor-motornya di Argentina

Start-up ini akan meluncurkan sepeda motor listriknya pada paruh kedua tahun 2022, dan percaya bahwa pendingin cair, bahkan di kendaraan roda dua listrik, adalah cara untuk mengatasi masalah ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Marak #Kebakaran #Motor #Listrik #karena #Cuaca #Terik #Pakar #Ungkap #Pentingnya #Pemakaian #Radiator #Baterai

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.