Lengkap dengan Alternatif Piston Subtitusi

by -89 Views
Lengkap dengan Alternatif Piston Subtitusi

Garudamuda.co.id – Masih ingat dengan salah satu motor legendaris dari Yamaha, dengan nama Jupiter Z? Yap, salah satu legenda Yamaha ini ternyata hingga saat ini masih cukup banyak digunakan. Tentu saja, di lini modifikasi dan oprek mesin, diameter piston Jupiter Z wajib dipahami oleh setiap orang yang ingin melakukan bore up.

Untuk mengetahui informasi tersebut, Anda bisa simak penjelasannya di poin berikut ini.

Diameter Piston Jupiter Z

Yamaha Jupiter Z 110 memiliki ukuran piston berdiameter 51 mm. Dengan ukuran standar, Anda tentu semua paham performa motor tersebut. Dikenal gesit, akselerasi yang responsif, serta kecepatan yang cukup tinggi untuk ukuran motor 110 cc.

Baca Juga:
Yamaha akan Siapkan Tricity 125 dan 155 Baru, Kapan?

Dengan diameter piston yang sebenarnya sudah cukup besar ini, masih ada saja modifikasi yang dilakukan agar bisa mengoptimalkan performa mesin Jupiter Z. Upaya membesarkan ukuran diameter piston ini bisa dilakukan dengan dua cara, bore up piston asli, atau menggantinya dengan piston motor lain.

Opsi Bore Up dan Mengganti Piston Motor Lain

Bore up adalah upaya menaikkan diameter piston bawaan agar memiliki ukuran lebih besar. Meski semua upaya pembesaran diameter piston dikenal dengan istilah bore up, namun awamnya prosedur ini dilakukan dengan memodifikasi piston bawaannya.

Hal ini bisa dilakukan di bengkel atau di tempat modifikasi kepercayaan Anda, sebab ukurannya harus benar-benar akurat agar perbandingan tetap ideal dan benar-benar mengoptimalkan performa mesin motor yang Anda miliki.

Opsi lain adalah dengan melakukan penggantian piston dengan piston motor lain. Alternatif paling populer untuk memperbesar diameter piston Jupiter Z adalah menggantinya dengan piston dari motor Kawasaki Kaze, yang memiliki diameter 53 mm, 2 mm lebih besar daripada piston bawaan Jupiter Z.

Baca Juga:
Yamaha Diisukan Tengah Siapkan XSR GP, Begini Bocorannya

Meski prosedur bore up dapat meningkatkan performa mesin secara signifikan, namun hal ini sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan untuk penggunaan harian. Mengapa? Karena terdapat sederet efek samping dari prosedur ini.

Itu tadi sedikit informasi mengenai diameter piston Jupiter Z produk dari Yamaha. Semoga informasi ini berguna dan bisa menjadi hal yang bermanfaat, dan selamat menjalankan aktivitas Anda selanjutnya!



#Lengkap #dengan #Alternatif #Piston #Subtitusi

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.