Sebelum Bore Up, Simak Sederet Tips Berikut Ini

by -83 Views
Sebelum Bore Up, Simak Sederet Tips Berikut Ini

Garudamuda.co.id – Ukuran diameter piston motor wajib dipahami, sebelum Anda melakukan bore up atau penggantian piston dengan tujuan merombak mesin. Kali ini, mari sedikit bahas lebih jauh terkait dengan diameter piston Vario 125 agar tidak terjadi kesalahpahaman saat melakukan modifikasi.

Sebenarnya banyak yang mengatakan bahwa dalam melakukan instalasi piston Vario 150 ke motor Vario 125 cukup mudah, tinggal plug and play. Namun faktanya perbedaan ukuran kedua piston motor ini cukup jauh, maka wajib dipahami agar tidak terjadi salah kaprah.

Berapa Diameter Piston Vario 125 Sebenarnya?

Secara umum, ukuran piston Vario 125 adalah berdiameter 52,4 mm, dengan ukuran pin piston 13 mm. Ukuran ini disesuaikan dengan mesin motor yang digunakan, sehingga jika terjadi kesalahan ukuran bisa memicu kerusakan atau tidak optimalnya performa motor.

Baca Juga:
Harga ZX6R: Lengkap dengan Spesifikasi dan Fiturnya, Bikin Penasaran

Ukuran diameter piston ini jelas berbeda dengan ukuran piston dari varian Vario 150. Maka dari itu secara praktis piston milik Vario 150 tidak bisa langsung dipasang pada Vario 125 untuk digunakan meningkatkan performa motor Vario 125 Anda.

Ilustrasi motor Honda Vario. (Pexels/Arif Syuhada)

Ukuran Diameter Piston Vario 150

Honda Vario 150 sendiri menggunakan piston dengan diameter 57,3 mm, dan ukuran pin piston 14 mm. Perbedaan yang ada hampir 5 mm, sehingga dinilai cukup drastis dan tidak memungkinkan untuk penerapan plug and play pada kedua jenis piston ini.

Peningkatan Diameter dengan Bore Up

Memang terdapat prosedur bore up yang bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas mesin pada kedua jenis motor tersebut. Namun demikian, bore up direkomendasikan dilakukan pada bengkel yang terpercaya dan sudah handal, sebab harus dilakukan dengan cermat dan tepat.

Baca Juga:
Kali Perdana, Hyundai Motor Bangun Fasilitas Listrik Mandiri Skala Besar di Dalam Pabrik

Vario 125 bisa di bore up hingga ukuran 57,9 mm sehingga bisa meningkatkan kapasitas mesin sampai 150 cc. Untuk vario 150 sendiri, bore up bisa dilakukan hingga ukuran piston mencapai 63 mm, dan meningkatkan kapasitas mesin hingga 180 cc.

Prosedur bore up sendiri idealnya dilakukan dengan mengganti blok silinder agar bisa memaksimalkan kapasitas yang meningkat ini. Penggantian blok silinder akan membuat performa yang muncul akibat bore up bisa dirasakan oleh pengendaranya.

Demikian tadi sedikit informasi terkait diameter piston Vario 125 dan Vario 150. Semoga artikel ini berguna, dan selamat menjalankan aktivitas Anda selanjutnya!



#Sebelum #Bore #Simak #Sederet #Tips #Berikut #Ini

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.