Sebelum Ganti Pelek Racing, Perhatikan 4 Hal Ini

by -528 Views
Sebelum Ganti Pelek Racing, Perhatikan 4 Hal Ini

Garudamuda.co.id – Pelek menjadi bagian yang tidak luput dari perhatian para pemilik mobil untuk mempercantik tampilan kendaraan. Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan pelek racing.

Namun mengganti pelek bawaan pabrik dengan racing nyatanya tidak boleh sembarangan. Apalagi jika mengganti pelek tanpa mempedulikan ukuran dan faktor keamanan saat berkendara.

Mengutip laman HSR Wheel berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mengganti pelek racing :

Diameter Pelek
Apabila ingin mengganti pelek mobil, usahakan untuk mengikuti ukuran standar pelek dengan maksimal menaikan 2 inci dari ukuran sebelumnya. Semisal ukuran standar 14 inci maka bisa menggantinya dengan ring 16. Jika melebihi ukuran yang disarankan maka kenyamanan saat berkendara kemungkinan besar akan berkurang dikarenakan ban yang tentunya juga menipis seriring dengan bertambahnya diameter pelek.

Baca Juga:
Awalnya Hanya Dibuat Satu, Kini Pelek HSR FE-01 Mulai Dipasarkan untuk Konsumen

PCD
Hole atau yang disebut sebagai PCD adalah panduan dalam memilih pelek racing yang pas untuk jenis mobil. Semisal pelek mobil memiliki PCD 4×100 maka pelek mobilmu memiliki jumlah lubang sebesar 4 dengan diameter lubang 100 mm.

Untuk itu disarankan untuk memilih pelek racing yang sesuai dengan ukuran standar PCD jenis mobil. Tapi bisa saja menggunakan adaptor jika ingin memakai pelek dengan ukuran PCD berbeda. Namun hal ini memiliki resiko kerusakan terhadap baut roda.

Lebar Pelek
Memilih pelek racing juga harus memperhatikan lebar pelek. Lebar pelek itu adalah tapak dari keseluruhan roda. Biasanya pada pelek ada kode huruf yang digunakan untuk pelek jenis mobil tertentu.

Pilihlah lebar pelek racing yang sesuai dengan ukuran lebar pelek standar. Maksimal dua diatasnya karena jika lebih akan terkena bagian roda baik itu bagian dalam maupun luar.

Offset
Fungsi offset yaitu sebagai jarak aman pelek dalam fender mobil. Offset memiliki hubungan erat dengan lebar pelek. Jadi semakin besar offset maka pelek akan lebih masuk ke dalam fender dan semakin kecil ukuran pelek maka akan keluar dari bibir fender.

Baca Juga:
Amankah Memasang Ban Tubeless untuk Pelek Jari-Jari?

Sesuaikan pemilihan offset pelek mobil dengan kenyamanan dan selera modifikasi. Utamakan modifikasi pelek yang masih mendapatkan kenyamanan dalam berkendara dan fitment look sesuai dengan selera modifikasi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Sebelum #Ganti #Pelek #Racing #Perhatikan #Hal #Ini

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.