Lakukan 5 Tips Ini Biar Tak Gampang Mual ketika Naik Mobil

by -64 Views
Lakukan 5 Tips Ini Biar Tak Gampang Mual ketika Naik Mobil

Garudamuda.co.id – Apakah Anda bepergian dengan pesawat, mobil, kereta api, atau perahu? Jika Anda pernah mengalami mabuk perjalanan, pasti itu membuat perjalanan Anda serasa tidak menyenangkan. Selain rasa mual, mabuk perjalanan juga dapat menyebabkan pusing, tangan berkeringat, gelisah, atau muntah. Lantas, bagaimana cara agar tidak mabuk perjalanan?

Diketahui, belum ada penjelasan secara detail mengapa mabuk perjalnan hanya dialami oleh beberapa orang, atau hanya  mabuk dalam situasi tertentu dan baik-baik saja dalam situasi lainnya. Sebenarnya apa pemicu mabuk perjalanan dan bagaimana cara mengatasinya?

Mengetahui pemicu mabuk perjalanan dapat membantu Anda menghindarinya. Misal di dalam mobil atau bus, duduk menghadap ke depan dapat membantu menghindari mabuk. Atau misal di kereta, Anda bisa duduk di kursi yang menghadap ke depan dan hindari kursi yang menghadap ke belakang. Jika Anda naik, duduklah di dekat sayap pesawat. Di atas kapal, cobalah agar Anda duduk di depan.

Untuk selengkapnya, mari simak berikut ini beberapa cara agar tidak mabuk perjalanan yang dilansir dari situs Verrywell Health.

Baca Juga:
Tak Kunjung Mengaspal, Tesla Mulai Hentikan Penerimaan Pesanan di Eropa dan China

Ilustrasi mabuk darat

1. Miringkan Kepala

Menyinkronkan tubuh Anda dengan gerakan dapat membantu mengurangi mabuk perjalanan. Gerakan berbelok dan berputar cenderung menyebabkan mabuk perjalanan yang lebih parah daripada perjalanan dalam gerakan linier. Selain itu, memiringkan kepala ke belokan dapat membantu mengurangi mabuk perjalanan. 

Para peneliti menemukan bahwa penumpang mengalami lebih sedikit mabuk perjalanan ketika mereka memiringkan kepala ke arah belokan (daripada menjauh dari belokan) dan menjaga pandangan mereka ke depan.

2. Latih Pernapasan Diafragma

Dalam sebuah penelitian menyebutka , para peserta berlatih pernapasan diafragma yang lambat (dengan enam napas per menit) atau bernapas secara normal saat melihat simulasi realitas virtual kapal di laut yang bergelombang.

Baca Juga:
Hutang Menumpuk, Aston Martin Terancam Gulung Tikar

Mereka yang berlatih pernapasan diafragma memiliki variabilitas detak jantung yang lebih besar (indikator aktivitas sistem saraf otonom) dan dilaporkan merasakan lebih sedikit mabuk perjalanan dibandingkan mereka yang bernapas normal. 

3. Hindari Membaca atau Bekerja dengan Komputer Saat Dalam Perjalanan

Mungkin tergoda untuk menyelesaikan pekerjaan atau membaca buku yang bagus, tetapi membaca atau menggunakan perangkat seperti komputer atau tablet harus dihindari, terutama pada perjalanan yang bergelombang. Pasalnya, ousat keseimbangan  di telinga bagian dalam Anda merasakan gerakan, tetapi kata-kata di layar atau halaman yang campur aduk ini dapat menyebabkan mual.

4. Hindari Gerakan Kepala Cepat atau Tiba-tiba 

Hindari gerakan kepala yang tiba-tiba atau cepat, terutama yang melibatkan gerakan memutar. Jika bisa, sandarkan kepala Anda di sandaran kursi atau berbaring dengan mata tertutup.

5. Lihatlah Cakrawala

Untuk perjalanan dengan kapal laut, mobil, kereta api, atau bus, melihat ke arah cakrawala dapat membantu mencegah mabuk perjalanan. Dalam sebuah penelitian menyebutkan, melihat cakrawala saat berada di laut dapat mengurangi goyangan tubuh yang dapat memicu mabuk perjalanan.

Demikian ulasan mengenai cara agar tidak mudah mabuk perjalanan yang menarik untuk diketahu. Jika Anda termasuk orang yang rentan mengalami mabuk perjalanan, semoga beberapa cara di atas dapat membantu Anda terhindar dari mabuk perjalanan.



#Lakukan #Tips #Ini #Biar #Tak #Gampang #Mual #ketika #Naik #Mobil

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.