Ban Belakang Sepeda Motor Lebih Cepat Botak?

by -59 Views
Tips Pilih Ban Sepeda Motor Agar Mudik Lebih Aman

Garudamuda.co.id – Ban adalah salah satu komponen penting sepeda motor yang menunjang kenyamanan saat berkendara. Jadi kondisinya wajib selalu diperhatikan. Kondisi ban berpengaruh terhadap keandalan menopang bobot pengguna maupun kendaraannya sendiri.

Motor yang memiliki intensitas penggunaan lebih sering akan membuat komponen ban motor bekerja lebih keras dibandingkan motor yang jarang dipakai.

Banyak yang menyebut, ban belakang motor sering lebih cepat halus dan botak dibandingkan ban depan.

macam-macam ban sepeda motor. Sebagai ilustrasi [Garudamuda.co.id/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Terhitung sebagai mitos atau fakta, Wahana Honda memaparkan wacana, ada beberapa alasan mengapa ban belakang bisa lebih cepat gundul dan botak.

Baca Juga:
Terkendala Pasokan Chip Semikonduktor, Honda Scoopy Stop Produksi Sementara

Rem Belakang Lebih Sering Digunakan

Sudah jadi rahasia umum, pengendara motor punya kebiasaan lebih suka menggunakan rem belakang. Jadilah ban belakang menahan gerak dari sebuah motor, dan apabila terlalu sering dilakukan akan berdampak pada kondisi ban belakang. Visualnya tampak terkikis dan gundul.

Beban Boncengan Lebih Berat

Salah satu penyebab ban belakang lebih cepat gundul adalah beban yang bertumpu pada ban belakang lebih besar bobotnya dibandingkan ban depan.

Ini disebabkan karena pada umumnya sepeda motor lebih condong ke arah belakang, sehingga membuat beban lebih besar bagi ban belakang dan membuatnya cepat terkikis.

Baca Juga:
Daftar Fungsi Knalpot Sepeda Motor yang Belum Banyak Diketahui Orang

Alasan ini masih ditambah pengendara sering membawa barang atau membonceng teman di jok belakang. Otomatis beban ban belakang semakin besar.

Ban Belakang Lebih Dahulu Berputar

Fungsi ban belakang adalah sebagai penggerak. Ini berbeda dengan ban depan yang berguna sebagai pengendali arah.

Dalam kondisi motor menyala, dan gas motor ditarik, mesin akan bekerja dan memutar rantai atau v-belt yang terhubung dengan ban belakang. Otomatis ban belakang akan berputar terlebih dahulu dari ban depan.

Faktor Mesin Panas

Posisi ban belakang lebih dekat dengan mesin dan knalpot pada motor yang memiliki suhu panas. Suhu mampu membuat ban memuai karena bahannya yang berasal dari karet.

Ini pula yang menjadikan kondisi ban belakang motor lebih cepat halus dan botak.



#Ban #Belakang #Sepeda #Motor #Lebih #Cepat #Botak

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.