Begini Penjelasan Posisi Tutup Tangki Mobil Selalu Berbeda Lokasinya

by -58 Views
Harga BBM Meroket di Amerika Bikin Pengendara Pusing, Kini Mobil Nganggur Berjamaah dan Jarang Dipakai

Garudamuda.co.id – Mungkin sampai saat ini masih banyak yang bertanya-tanya mengapa posisi tutup tangki selalu berbeda pada setiap mobil.

Bila diperhatikan, posisi tutup tangki pada setiap model pasti berbeda walaupun merek yang digunakan sama. Tutup tangki kadang terletak di sisi kanan samping mobil, ada juga yang di sebelah kiri mobil.

Menurut juru bicara Ford, Mark Schirmer yang dilansir dari Allstate.com, hal tersebut bukanlah tanpa alasan.

Walaupun sebenarnya tidak aturan yang menegaskan di mana posisi tutup tangki harus ditempatkan. Sehingga para insinyur perusahaan mobil dapat menempatkan tutup tangki bensin di sisi mana saja.

Baca Juga:
Tom Cruise Menunggang Kawasaki Ninja di Top Gun: Maverick, Berikan Dukungan Kepada Para Pegawai Bioskop

Dasbor menampilkan indikator bensin di produk Honda Brio RS. Sebagai ilustrasi (Garudamuda.co.id/Insan Akbar Krisnamusi).

Namun demikian para insinyur tidak sembarangan dalam menentukan posisi lubang bahan bakarnya.

Mark Schirmer menyebutkan jika pemasangan knalpot mobil ditempatkan di sisi kiri, maka para insinyur akan meletakkan tutup tangki di sisi kanan.

Namun berbeda dengan perusahaan otomotif yang berada di Jepang, India, Inggris, Australia, Hongkong, Selandia Baru, dan negara-negara di Afrika Selatan.

Rata-rata mereka menggunakan setir di sebelah kiri sehingga produsen mobil meletakkan lubang pintu bahan bakar di sisi kanan untuk memudahkan akses pengemudi saat mengisi bahan bakar.

Untuk mengetahui letak posisi tutup tangki saat sudah berada di dalam mobil, pengemudi cukup melihat indikator volume bahan bakar. Jadi tidak perlu turun untuk mengetahui letaknya.

Baca Juga:
Kendala Airbag, Perusahaan Mobil Listrik Rivian Automotive Tarik Kembali 500 Unit Produknya

Pengemudi akan melihat logo SPBU yang di salah satu sisinya terdapat tanda panah berbentuk segitiga.

Jika arah panahnya ke kanan, maka lubang pengisian BBM ada di sebelah kanan dan jika arah panahnya ke kiri, maka lubang pengisian BBM ada di sebelah kiri.



#Begini #Penjelasan #Posisi #Tutup #Tangki #Mobil #Selalu #Berbeda #Lokasinya

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.