Begini Cara Mudahnya, Cuma Butuh 6 Langkah

by -510 Views
Begini Cara Mudahnya, Cuma Butuh 6 Langkah

Garudamuda.co.id – Kejadian jebolnya tanggul di Semarang mengakibatkan banjir rob yang cukup besar. Praktis, tidak sedikit korban yang muncul, baik dari sisi manusia atau materi. Salah satunya adalah motor.

Banyak orang yang kemudian mencari cara mengatasi motor matic kena banjir, mengingat di era sekarang ini pengguna motor jenis tersebut terbilang lebih banyak.

Untuk mengetahui pertolongan pertama pada motor matic yang kena banjir, Anda bisa lihat beberapa poin berikut ini.

1. Bawa ke Tempat yang Lebih Tinggi

Baca Juga:
7 Langkah Awal Jika Motor Terendam Banjir Rob: Jangan Keliru Biar Kerusakan Tak Makin Parah

Jika ketinggian air sudah melebihi tinggi motor atau filter udara, maka langkah paling masuk akal adalah dengan membawanya ke tempat yang lebih tinggi. Ingat, jangan mencoba menyalakan motor ketika mesin atau filternya sudah terendam.

Hal ini karena ada resiko air sudah masuk ke mesin atau silinder, dan ketika dinyalakan, bisa mengakibatkan kondisi water hammer. Kondisi ini memicu stang piston bengkok, dan kerusakan makin parah.

2. Buka Filter Udara

Setelah dipindahkan ke lokasi yang aman dari air, langkah selanjutnya adalah buka filter udara lalu bersihkan dan keringkan. Cermati kondisi filter udara, dan jika memang dalam kondisi tidak layak pakai, Anda bisa menggantinya ke filter udara yang baru.

3. Buka dan Keringkan Busi Motor Matic Anda

Baca Juga:
MX King 155: Begini Jadinya Jika Yamaha Exciter 155 Vietnam Didatangkan ke Indonesia, Apa Perbedaannya?

Buka bagian busi dan keringkan busi beserta rumah businya. Coba engkol motor beberapa kali agar air yang ada di dalam silinder bisa keluar melalui lubang busi.

4. Pastikan CVT Kering

Untuk membuang air pada bagian CVT, Anda hanya perlu membuka atau melepas selang kecil yang terdapat di bagian ujung CVT motor matic Anda. Jika ada air yang masuk ke bagian CVT maka cara ini bisa membantu mengeluarkannya.

5. Bagian Oli Mesin

Kelima adalah buka dan buang oli mesin motor, termasuk juga olti transmisi. Cara ini dilakukan untuk meminimalisir resiko adanya air yang mengkontaminasi oli mesin dan oli transmisi. Bilas hingga bersih, dan ganti dengan oli baru yang biasa Anda gunakan.

6. Terakhir, Kabel-Kabel dan Aki

Langkah terakhir adalah memastikan semua kabel dan sistem kelistrikan berada dalam keadaan kering. Jika cukup sulit, Anda bisa mendatangi bengkel kepercayaan Anda. Satu hal lagi, pastikan juga bagian aki sudah dikeringkan agar tidak terjadi konslet saat motor coba dinyalakan.

Itu tadi langkah mengatasi motor matic kena banjir. Tentu saja cara ini tak hanya bisa digunakan oleh Anda yang tengah mengalami banjir di Semarang saja, namun secara umum oleh Anda pembaca artikel ini. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Begini #Cara #Mudahnya #Cuma #Butuh #Langkah

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.