Ini Bahayanya Isi BBM Sampai Luber

by -535 Views
Harga, Rasio Kompresi dan Masih Banyak Lagi, Wajib Tahu!

Garudamuda.co.id – Mengisi bahan bakar bagi kendaraan hukumnya wajib. Tanpa bahan bakar, kendaraan tidak bisa berjalan atau mogok.

Di antara kegiatan rutin mengisi Bahan Bakar Minyak atau BBM ini, ada mitos yang beredar dan terlanjur dipercayai bahwa mengisi bahan bakar sebaiknya jangan sampai penuh alias full tank.

Alasannya menghambat sirkulasi udara di tangki bensin. Dan akan menimbulkan suatu masalah atau kondisi tertentu.

Mengutip Wahana Honda, di tangki bahan bakar sudah terdapat sistem breather valve yang bisa mengatur sirkulasi udara. Jadi tidak masalah bila pengguna ingin mengisi tangki hingga penuh.

Baca Juga:
Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, Kemenperin Kerja Sama dengan JICA

Tangki sepeda motor. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/Nejron].

Mengisi bahan bakar boleh sampai penuh, namun sebaiknya jangan sampai meluber. Alasannya bisa menimbulkan bahaya.

Pemaparan detainnya, bensin termasuk material yang mudah terbakar. Sehingga bila diisi hingga luber atau melebih kapasitas tangki hingga mengalir keluar bisa tercipta api.

Sementara alasan lainnya adalah cat bodi sepeda motor juga bisa rusak terkena luapan bahan bakar saat pengisian terlalu penuh.

Sebetulnya, tidak ada batas atau indikator spesifik yang menyatakan penuhnya tangki bahan bakar. Selama tidak sampai tumpah, boleh dilakukan. Dan jangan biarkan bensin kurang dari seperempat di tangki.

Tujuannya agar menciptakan rasa aman ketika berkendara, tidak khawatir bensin akan habis. Selain itu, bisa mengurangi kondensasi dari udara yang ada di dalam tangki.

Karena itu, mulai sekarang perhatikan saat mengisi bahan bakar, dan tentu perlu mengetahui batas aman, yang bisa dilihat dari mulut tangki. Usahakan bensin rata dengan lubang tutup tangki bagian bawah. Batas ini berlaku untuk semua tipe motor.

Baca Juga:
5 Hal yang Bikin Mobil Jadi Boros BBM

Jika melewati sedikit dari batas tutup tangki bagian bawah, sebenarnya tidak masalah, asalkan tidak sampai keluar. Jika sampai luber, akan disalurkan melalui selang menuju ke bawah.

Tetapi, jika kondisi saluran pembuangan kurang baik, bensin bisa menetes ke mana-mana. Kondisi saluran yang tidak baik bisa menyebabkan api kalau ada pemicunya. Agar lebih aman ya isi bensin penuh jangan sampai luber

Mengenai masalah sirkulasi udara, melalui tutup tangki bensin. Jadi tidak ada masalah ketika mengisi bensin motor sampai penuh.



#Ini #Bahayanya #Isi #BBM #Sampai #Luber

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.