Pra Peluncuran Wuling EV di Jakarta, Dekarbonisasi Pakai Hidrogen, Tesla dan Pabrik di India

by -209 Views
Pra Peluncuran Wuling EV di Jakarta, Dekarbonisasi Pakai Hidrogen, Tesla dan Pabrik di India

Garudamuda.co.id – Tesla, India, Elon Musk, Wuling EV, mobil listrik, dekarbonisasi, off-road, ANCMA, Italia, hidrogen, BBM oktan tinggi, sepeda motor, serta tips kendaraan menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Garudamuda.co.id hari ini.

Kabar bahagia datang dari Wuling Motors. Sebentar lagi Wuling EV bakal masuk pasar mobil listrik Indonesia. Kekinian, produk ini dipamerkan di salah satu mall di Jakarta. Disebutkan sebagai pre-launch karena baru menampilkan eksterior semata.

Sementara itu Elon Musk lewat media sosial dengan akun pribadinya menyatakan pendapat tentang rencana Tesla Incorporation membuat pabrik di India. Yaitu tidak akan direalisasikan bila pihaknya tidak bisa melakukan penjualan serta layanan purnajual di sana.

Kemudian, asosiasi otomotif Italia menyatakan bahwa langkah dekarbonisasi tidak hanya bisa dicapai menggunakan kendaraan elektrifikasi atau mobil listrik. Ada sederet bahan bakar alternatif ramah lingkungan.

Baca Juga:
Dorong Pertumbuhan Industri Otomotif, Kemenperin Kerja Sama dengan JICA

Antara lain adalah sel hidrogen, yang dalam implementasinya sudah diuji beberapa pembuat mobil kategori niaga. Selain bebas polusi, tingkat kebisingannya di bawah rata-rata.

Maih seputar bahan bakar, situasi invasi Rusia ke Ukraina membuat harga bahan bakar terangkat naik. Termasuk di Tanah Air. Sehingga Pemerintah negara kita akan merumuskan kategori pembeli bahan bakar ini.

Bagi pengguna roda dua, simak situasi mesin bila menggunakan bahan bakar oktan tinggi.

Kemudian sebagai penutup, adalah kejelasan perundangan yang diperoleh federasi kegiatan otomotif Italia dan asosiasi sepeda motor negeri itu.

Sebelumnya, departemen kehutanan Italia menyatakan bahwa kegiatan off-road tidak dibolehkan melewati lahan pertanian. Di sisi lain, kegiatan outdoor dan off-road bermotor di Italia tergolong tinggi. Berbagai perusahaan roda dua pun semangat menggarap pasar kendaraan karena begitu banyak peminat.

Baca Juga:
Lima APM Otomotif Berkolaborasi Kembangkan Demonstrasi Ekosistem Elektrifikasi di Bali

Adanya putusan itu tidak saja mengancam kegiatan olah raga dan wisata, akan tetapi bisa membuat perusahaan roda dua gulung tikar.

Kini kejelasan telah dikemukakan oleh asosiasi kendaraan roda dua Italia.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Garudamuda.co.id, selamat beraktivitas, dan jangan lupa selalu kenakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan atau prokes.

1. Begini Wujud Mobil Listrik Wuling yang Akan Dipasarkan di Indonesia

Wuling Motors (Wuling) pada Rabu (1/6/2022) menampilkan kendaraan listriknya di acara pre-launch Wuling EV “Electrify Your World” [Garudamuda.co.id/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Wuling Motors (Wuling) pada hari ini, Rabu (1/6/2022) secara resmi menampilkan eksterior kendaraan listriknya dalam acara pre-launch Wuling EV bertajuk “Electrify Your World“.

Kehadiran produk elektrifikasi ini adalah bagian dari langkah Wuling dalam mewujudkan komitmennya untuk percepatan elektrifikasi kendaraan.

Baca selengkapnya

2. Elon Musk Konfirmasi Tesla Tidak Membangun Pabrik di India

Tesla Model Y dalam seremoni pembukaan Tesla Gigafactory  di Gruenheide, Jerman (22/3/2022). Sebagai ilustrasi [Reuters/Pool/Patrick Pleul via ANTARA].
Tesla Model Y dalam seremoni pembukaan Tesla Gigafactory di Gruenheide, Jerman (22/3/2022). Sebagai ilustrasi [Reuters/Pool/Patrick Pleul via ANTARA].

Chief Executive Officer (CEO) Tesla, Elon Musk memberikan konfirmasi tidak akan membangun basis produksi di India. Kecuali jika bisa menjual dan melakukan layanan purnajual di Negeri Bollywood.

Hal ini terungkap setelah Musk menanggapi pertanyaan tentang masa depan Tesla diIndia baru-baru ini.

Baca selengkapnya

3. ANCMA dan FMI: Aktivitas Balap dan Lintas Alam Off-road Sepeda Motor Italia Bisa Terus Berlanjut

Kegiatan off-road sepeda motor roda dua Italia, antara lain yang digelar CMA Italia [ANCMA].
Kegiatan off-road sepeda motor roda dua Italia, antara lain yang digelar CMA Italia [ANCMA].

Pengujung tahun lalu, dunia otomotif roda dua Italia mendapatkan “surat cinta”. Berisi aturan pelarangan penggunaan lahan pertanian untuk kegiatan off-road. Tidak semata karena polusi suara, melainkan akses kegiatan yang bisa berbenturan dengan kebutuhan setempat.

Perkembangan terbaru, sebagaimana dikutip Garudamuda.co.id dari rilis resmi Confindustria ANCMA (National Association of Cycle Motorcycle Accessories) disebutkan bahwa keputusan tertanggal 28 Oktober 2021 itu digaransi tidak membatasi kegiatan bersepeda motor outdoor atau luar ruang.

Baca selengkapnya

4. BBM dengan Oktan Tinggi Bakal Berikan Dampak Negatif Bagi Kendaraan?

Ilustrasi tangki bensin sepeda motor [Shutterstock]
Ilustrasi tangki bensin sepeda motor [Shutterstock]

Bahan bakar dengan jenis oktan tinggi disebut-sebut bisa membuat komponen kendaraan berumur panjang. Performa mesin akan lebih terjaga dan jarak tempuh jadi lebih jauh karena pembakaran mesin motor yang lebih sempurna.

Selain itu, BBM beroktan tinggi juga membuat performa mesin lebih enteng karena tidak adanya kerak-kerak sisa pembakaran.

Baca selengkapnya

5. Asosiasi Otomotif ANFIA: Dekarbonisasi Bisa Dicapai Lewat Kendaraan Tenaga Listrik, Biofuel, atau Hidrogen

Hyundai XCient Full Cell bertenaga hidrogen, sebagai ilustrasi [Hyundai via ANTARA].
Hyundai XCient Full Cell bertenaga hidrogen, sebagai ilustrasi [Hyundai via ANTARA].

Associazione Nazionale Fra Industrie Automobilistiche (ANFIA) atau Asosiasi industri otomotif Italia menyatakan bahwa dekarbonisasi kendaraan bermotor bisa dicapai lewat bermacam bahan bakar alternatif untuk kendaraan.

Dikutip kantor berita Antara dari Reuters, ANFIA memaparkan kendaraan listrik dinilai bukan satu-satunya cara efektif untuk mengurangi emisi karbon.

Baca selengkapnya



#Pra #Peluncuran #Wuling #Jakarta #Dekarbonisasi #Pakai #Hidrogen #Tesla #dan #Pabrik #India

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.