Bakal Produksi Mobil Listrik, Tata Motors Membeli Pabrik Milik Ford Motor Company di India

by -673 Views
Ford Otosan Jadi Produsen Mobil Listrik Murni Terbesar di Turki

Garudamuda.co.id – Ford Motor Company dilaporkan menjual salah satu pabriknya di India kepada Tata Motors yang bermaksud memproduksi mobil listrik atau Electric Vehicle (EV).

Tata Motors adalah pemilik perusahaan dari Britania Raya, Jaguar Land Rover. Sementara Ford Motor Company adalah perusahaan Amerika Serikat.

Dikutip kantor berita Antara dari Reuters, Ford Motor Company bertahan selama lebih dari dua dekade untuk menghasilkan keuntungan di pasar India sebelum akhirnya berhenti dua bulan lalu.

Tata Motors, sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Pabrik milik Ford Motor Company itu berlokasi di Kota Sanand, negara bagian Gujarat barat. Dan baru-baru ini ditawarkan setelah pengumuman Ford akan berhenti memproduksi kendaraan di India mengingat pangsa pasar kurang dari dua persen.

Baca Juga:
Tata Motors Daftarkan Hak Paten Teknologi dan Bakal Membuat Pabrik Baterai

Dan sebagai catatan, pabrik yang dijual hanyalah satu dari pabrik milik Ford Motor Company. Pabrik kedua di India yang memproduksi mesin untuk pasar ekspor tidak termasuk dalam daftar dijual.

Sementara itu, dikutip kantor berita Antara dari The Economic Times, angka penjualan mencapai sekitar 100-150 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Dalam pembeliannya, selain insentif pemerintah, Tata Motors telah mengumpulkan 1 miliar dolar AS dari perusahaan swasta TPG untuk bisnis mobil listriknya.

“Meningkatnya preferensi pelanggan untuk kendaraan penumpang dan mobil listrik yang dibuat Tata Motors menyebabkan pertumbuhan berlipat ganda. Potensi transaksi ini akan mendukung perluasan kapasitas,” jelas Shailesh Chandra, Direktur Pelaksana Tata Passenger Electric Mobility, sebagaimana dikutip kantor berita Antara dari Carscoops.

Baca Juga:
Bertahan Sembilan Tahun di India, Datsun Sampaikan Goodbye

Tata Motors mendominasi pasar mobil listrik di India dan berencana untuk mengembangkannya lebih jauh menggunakan insentif miliaran dolar dari pemerintah.

Kapasitas produksi diharapkan menjadi 300.000 unit per tahun setelah mesin baru pabrik dipasang untuk meningkatkan produksi EV. Sehingga kapasitas menjadi 400.000 unit untuk masa mendatang.



#Bakal #Produksi #Mobil #Listrik #Tata #Motors #Membeli #Pabrik #Milik #Ford #Motor #Company #India

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.