Karat di Bagian Kolong Jok Jadi Indikasi Mobil Bekas Banjir?

by -159 Views
Karat di Bagian Kolong Jok Jadi Indikasi Mobil Bekas Banjir?

Garudamuda.co.id – Dalam membeli mobil bekas atau mobkas, tentunya banyak hal harus diperhatikan. Tujuannya agar bisa mendapatkan mobil yang masih punya kualitas baik sehingga biaya pengeluaran untuk perbaikan menjadi tidak terlalu besar.

Salah satunya mengenai karat di bagian kolong jok mobil. Mitosnya, jika sudah terjadi pengkaratan seperti itu disebut mobil pernah terendam banjir, apakah benar?

Mengutip mobil88, ternyata hal ini benar alias fakta dan bukan mitos. Karena salah satu ciri mobil yang sudah pernah terendam banjir yaitu muncul karat, terutama pada bagian yang terbuat dari besi.

Ilustrasi sebuah mobil terendam banjir (Shutterstock).

Salah satunya adalah bagian di kolong jok yang umumnya terbuat dari besi. Jika sudah terendam air maka akan timbul karat di bagian bawah jok.

Sebagai contoh lain, coba perhatikan bagian baut yang ada di bagian rem tangan. Apabila bagian ini basah atau berkarat, maka sangat besar kemungkinan jika mobil sudah pernah terendam banjir.

Baca Juga:
Berminat Beli Mobil Bekas Jangan Tergiur Harga Murah, Simak Panduan Pengecekan Ini

Silakan memeriksanya dengan teliti hingga pada bagian bemper untuk melihat kondisi lebih jelas.

Selanjutnya bagian karat pada kolong mobil, bisa cek di bagian bawah setir. Jika ada tanda berkarat besar kemungkinan mobil sudah terendam banjir.

Cek Riwayat Perawatan Bengkel dan Klaim Asuransi

Langkah yang bisa dilakukan sebagai calon pembeli yaitu coba cek riwayat perawatan dari bengkel. Perkirakan apakah jarak perawatan mobil berdekatan dengan adanya bencana banjir di lokasi mobil berdomisili.

Terakhir, jangan lupa juga untuk melakukan cek pada klaim asuransi mobil. Hal ini bisa menjadi dasar untuk mengetahui mobil tersebut bekas banjir atau tidak.

Baca Juga:
Platform e-commerce Mobil Bekas Carsome Perluas Jangkauan Pasar Otomotifnya di Depok

Masalah Mobil Bekas Banjir

Masalah yang timbul akibat mobil kena banjir beragam. Mulai mogok, kelistrikan bermasalah, aki tekor, dan lain sebagainya. Sebab mobil bekas banjir, tak hanya mengalami kerusakan pada interior atau eksterior saja. Tapi bagian mesin dan elektrikal mobil akan turut bermasalah.

Oleh sebab itu, jangan sampai tergiur membeli mobil bekas banjir karena harga yang ditawarkan pasti di bawah harga pasaran. Sebab potensi kerusakan di masa depan, bisa membuat konsume rugi hingga puluhan juta rupiah untuk perbaikan yang tak kunjung selesai.

Apalagi untuk mobil-mobil modern yang sudah menganut sistem komputer. Biaya perbaikannya cukup mahal, belum lagi kalau ECU rusak, uang yang harus dikeluarkan bisa mencapai puluhan juta.



#Karat #Bagian #Kolong #Jok #Jadi #Indikasi #Mobil #Bekas #Banjir

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.