4 Fakta Minyak Rem pada Motor, Jangan Pernah Abaikan Bila Tak Mau Celaka

by -775 Views
4 Fakta Minyak Rem pada Motor, Jangan Pernah Abaikan Bila Tak Mau Celaka

Garudamuda.co.id – Sistem pengereman pada motor menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Hal ini terkait keselamatan bikers ketika berkendara motor di jalan.

Bagaimana tidak, jika sistem pengereman pada motor tak lagi berfungsi, maka bikers bisa celaka karena kendaraan yang dikendarai tidak bisa berhenti.

Pada sistem pengereman motor zaman now, hampir semuanya sudah menggunakan rem cakram. Keberadaan rem cakram ini tentunya tak bisa lepas dengan keberadaan minyak rem.

Minyak rem ini memiliki peran yang cukup vital pada komponen motor. Namun, tak jarang bikers mengabaikan dan tak merawat minyak rem.

Baca Juga:
Ada Kebocoran Minyak Rem, Honda Recall Ratusan Motor Model Ini

Bikers wajib tahu apa itu minyak rem sendiri. Berikut beberapa deretan fakta mengenai minyak rem pada motor seperti yang dijelaskan oleh Danang Priyo Kumoro selaku Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta.

Ilustrasi minyak rem pada motor (Dok. Astra Motor Yogyakarta)

1. Gunakan spesifikasi yang sesuai

Minyak rem memiliki titik didih akibat panas yang ditimbulkan dari gesekan kampas rem dan cakram. Saat kondisi minyak rem mulai jelek, titik didihnya akan menurun.

Titik didih rendah bisa menimbulkan gelembung-gelembung udara dan berpoteni membuat angin palsu terperangkap dalam sistem pengereman.

Angin palsu ini sangat berbahaya karena bisa membuat rem tidak bekerja maksimal secara tiba-tiba. Maka dari itu gunakanlah minyak rem sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan.

Baca Juga:
Honda Recall 262 Unit Motor Akibat Kebocoran Minyak Rem

2. Fungsi dan cara kerja dari minyak rem



#Fakta #Minyak #Rem #pada #Motor #Jangan #Pernah #Abaikan #Bila #Tak #Mau #Celaka

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.