Kenali Teknik Ampuh Hadapi Belokan saat Kendarai Motor, Biar Enggak Jatuh Konyol saat Diajak Touring

by -667 Views
Kenali Teknik Ampuh Hadapi Belokan saat Kendarai Motor, Biar Enggak Jatuh Konyol saat Diajak Touring

Garudamuda.co.id – Akhir pekan menjadi hal yang ditunggu-tunggu para bikers. Tak sedikit dari mereka, pastinya akan mengajak rekan dan komunitas untuk diajak touring menikmati suasana yang berbeda menggunakan motor masing-masing.

Biasanya mereka akan berkunjung ke alam atau bahkan perjalanan jauh dari kota A menuju kota B. Ketika berkendara motor, pastinya bakal menemui jalan lurus dan berbelok.

Nah untuk bisa menaklukkan jalan tersebut, bikers harus tahu tekniknya agar nantinya selama perjalanan tidak jatuh konyol. Khususnya di belokan, ada 1 teknik ampuh yang mungkin bisa dipelajari agar tidak jatuh konyol. Teknik apa itu?

Teknik tersebut bernama counter steering. Teknik ini memang perlu dipelajari bagi para bikers ketika menghadapi belokan di jalan. Muhammad Ali Iqbal selaku Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta menjelaskan apa itu teknik counter steering.

Baca Juga:
Polres Sukoharjo Bekuk Residivis, 11 Motor Hasil Curian Berhasil Diamankan

Counter steering merupakan salah satu trik cornering atau berbelok yaitu dengan mengambil bagian luar tikungan saat belok. Misal saat ada tikungan ke kanan sebaiknya ambil sisi kiri sebelum tikungan agar haluan berbelok lebih luas dan bisa lolos ke tikungan berikutnya,” ujar Muhammad Ali Iqbal.

Lalu bagaimana teknik itu diterapkan kepada bikers agar aman?

Konsumen Honda CBR250RR di Indonesia saat melakukan touring. [Dok. Honda]

“Badan pengendara disarankan agak condong ke kiri agar berat badan dan sepeda motor seimbang saat melakukan cornering ke arah kanan begitu juga sebaliknya. Hal ini dilakukan dengan pandangan tetap ke arah yang dituju bukan ke arah bawah atau melihat tikungan karena untuk mengantisipasi bahaya yang berada di tikungan seperti orang menyeberang atau kendaraan yang berhenti mendadak,” tambahnya.

Teknik ini diklaim ampuh agar bikers tidak jatuh konyol saat menghadapi belokan. Nah, untuk lebih jelasnya, mungkin video satu ini bisa menjelaskan terperinci apa itu teknik counter steering.

Untuk melihat video selengkapnya, klik DI SINI!

Baca Juga:
Kelakuan 2 Bocah Ini Bikin Geleng-geleng: Cium Pemotor Wanita, hingga Sentuh Bagian Sensitif



#Kenali #Teknik #Ampuh #Hadapi #Belokan #saat #Kendarai #Motor #Biar #Enggak #Jatuh #Konyol #saat #Diajak #Touring

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.