4 Ciri Pompa Power Steering Rusak

by -424 Views
4 Ciri Pompa Power Steering Rusak

Garudamuda.co.id – Pada berbagai jenis mobil modern, keberadaan power steering tampaknya sudah menjadi hal wajib. Fungsi utama dari fitur ini adalah meningkatkan kendali pengemudi pada roda kemudi saat digunakan, dan mengurangi beban yang dihasilkan saat berbelok. Namun Anda juga wajib tahu benar ciri pompa power steering rusak, agar bisa segera diatasi dan kembali berfungsi optimal.

Kerusakan bagian ini sebenarnya bisa diakibatkan oleh penggunaan rutin, sehingga ada penurunan nilai fungsi dari waktu ke waktu. Namun demikian beberapa hal lain juga bisa jadi penyebab rusaknya pompa power steering. Untuk mengenali cirinya, Anda bisa simak di sini!

Ilustrasi kemudi mobil. (Pexels/Sindre Strøm)

1. Cairan Bocor di Bawah Mobil

Ciri pertama pompa power steering rusak adalah adanya cairan bocor di bawah mobil. Seperti yang Anda pahami, mobil yang masih memiliki fungsi normal tidak akan mengalami kebocoran apapun. Kebocoran di bawah mobil bisa jadi tanda segel pompa power steering bocor. Kebocoran ini jadi tanda awal, dari beberapa ciri pompa power steering rusak.

Baca Juga:
The Best 5 Oto: All-New Suzuki Ertiga Hybrid Tampil Seru, Acara Vespa di Pulau Dewata, Maserati Favorit di Amerika

2. Roda Kemudi Terasa Berat

Power steering memberikan kemudahan dalam mengendalikan roda kemudi, sehingga manuver yang dilakukan semakin ringan. Ketika terjadi kebocoran atau kerusakan, sensasi ringan pada pengendalian roda kemudi ini berangsur hilang, dan roda kemudi terasa berat untuk dibelokkan. Selain itu ada sensasi kaku pada roda kemudi, sehingga kenyamanan berkendara berkurang drastis.

3. Roda Kendaraan Terlambat Respon

Ciri selanjutnya adalah respon roda kendaraan yang menurun drastis. Yap, ini akan sangat terasa ketika Anda memegang roda kemudi, dan terbiasa menggunakan power steering normal. Roda kendaraan akan terlambat berbelok ketika diarahkan, atau respon yang diberikan akan sangat berkurang. Tentu ini cukup berbahaya, maka dari itu ada baiknya lekas mengunjungi bengkel kepercayaan Anda.

4. Ada Suara saat Roda Kemudi Diputar

Baca Juga:
Amankah Pakai Pelek Replika Untuk Harian ?

Ciri terakhir ketika ada kebocoran pompa power steering adalah munculnya suara aneh saat roda kemudi diputar. Suara ini akan terdengar bahkan dari dalam kabin, yang menandakan kondisi pompa power steering atau sistem power steering yang digunakan dalam keadaan rusak.

Dengan mengenali 4 ciri pompa power steering rusak di atas, Anda bisa melakukan identifikasi dini. Anda bisa segera membawanya ke bengkel dan melakukan perbaikan, sehingga power steering bisa kembali digunakan dengan nyaman dan aman.

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Ciri #Pompa #Power #Steering #Rusak

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.