Fungsi Alternator Lengkap dengan Bagian-bagiannya, Simak di Sini

by -106 Views
Fungsi Alternator Lengkap dengan Bagian-bagiannya, Simak di Sini

Garudamuda.co.id – Untuk Anda yang pernah mengorek mesin kendaraan, tentu tidak asing dengan komponen dinamo bukan? Dinamo sebenarnya disebut dengan nama alternator, dan memiliki cukup banyak fungsi dalam beroperasinya sistem kendaraan. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa fungsi alternator yang utama, sehingga Anda bisa lebih memahami dan menyadari jika ada sesuatu yang salah.

Apa Itu Alternator?

Alternator atau dinamo adalah alat pembangkit listrik yang ada pada setiap kendaraan bermotor. Untuk mengoperasikan berbagai fitur di dalam kendaraan bermotor, listrik perlu dihasilkan dan didistribusikan dengan baik. Alternator akan jadi pembangkit dan penyuplai listrik ke seluruh bagian kendaraan bermotor.

Bagian dan Fungsi Alternator

Baca Juga:
The Best 5 Oto: All-New Suzuki Ertiga Hybrid Tampil Seru, Acara Vespa di Pulau Dewata, Maserati Favorit di Amerika

Alternator memiliki fungsi utama mengubah energi kinetis menjadi energi listrik, dan disalurkan ke setiap bagian kendaraan bermotor. Dalam alternator terdapat sederet komponen yang menjalankan peran dan fungsinya masing-masing.

Setidaknya ada 6 bagian alternator yang bekerjasama sehingga komponen ini bisa berfungsi optimal.

  • Cover alternator : menjadi tempat dari seluruh komponen lain. Bentuknya seperti lubang, yang berfungsi sebagai alat pendingin untuk mencegah mesin mengalami overheat.
  • Pulley alternator : memiliki bentuk seperti roda dan dihubungkan dengan belt. Fungsinya adalah memutar rotor coil yang ada di bagian dalam.
  • Bearing : adalah tumpuan dari ujung-ujung rotor coil untuk berputar, dan jumlahnya lebih dari satu.
  • Regulator : berfungsi menjaga stabilitas tegangan yang dihasilkan oleh alternator meski rpm naik dengan cepat.
  • Dioda : pengubah arus bolak-balik menjadi arus searah yang dialirkan ke dalam komponen yang membutuhkan listrik.
  • Rotor air : berbentuk gulungan yang berfungsi mengubah energi magnet menjadi energi listrik, lalu disalurkan menuju brush dan dioda

Ketika bagian-bagian ini bekerja dengan baik, maka alternator dapat menjalankan fungsinya dengan optimal pula. Maka dari itu, harus selalu dipastikan alternator selalu dalam kondisi baik sehingga kondisi kelistrikan kendaraan bisa normal dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Itu tadi beberapa penjelasan bagian dan fungsi alternator dalam kendaraan bermotor. Semoga bisa menjadi informasi yang berguna untuk Anda, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda berikutnya.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Baca Juga:
6 Rekomendasi Motor Matic: Tinggal Sesuaikan Budget, Simak Deretan Opsinya



#Fungsi #Alternator #Lengkap #dengan #Bagianbagiannya #Simak #Sini

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.