Ingin Sepeda Motor Irit BBM, Berikut Kiatnya

by -202 Views
Harga, Rasio Kompresi dan Masih Banyak Lagi, Wajib Tahu!

Garudamuda.co.id – Harga Pertamax telah mengalami kenaikan. Bila sebelumnya Rp 9.000 sampai Rp 9.400 per liter, kini menjadi Rp 12.500 sampai Rp 13.500 per liter. Jadi, jika awalnya Rp 30.000 bisa mengisi full tank, sekarang hanya bisa mengisi untuk 2L.

Ini saatnya menjaga sepeda motor lebit irit dalam penggunaan bahan bakar. Memang ada sebagian motor yang sudah disetting irit dari pabrikan, namun tak sedikit juga motor yang sangat boros dalam penggunaan bahan bakar.

Nah, bagaimanakah cara mengakali motor menjadi lebih irit?

Perlu diketahui, ada beberapa bagian motor yang perlu disetting agar tidak terlalu banyak makan BBM.

Baca Juga:
Yamaha Tawarkan Paket Aksesori untuk R125, Bikin Tampilan Semakin Kuat Gaya Racer

Ilustrasi karburator motor. (Pixabay)

Mengutip laman Wahana Honda, jika tidak bisa dilakukan sendiri, bawalah motor ke bengkel dan mintalah untuk mengatur beberapa bagian di bawah ini:

Pengaturan karburator

Pada sepeda motor sistem karburator, bagian ini merupakan part penting untuk membuat motor irit. Pasalnya di bagian inilah BBM akan ditampung sebelum akhirnya menjadi bahan pembakaran.

Pada bagian karbu terdapat pelampung yang memiliki fungsi sebagai pengatur sedikit banyaknya bensin yang masuk ke bagian reservoir.

Dengan mengatur pelampung yang sempit, bensin yang akan masuk semakin sedikit. Secara otomatis motor jadi lebih irit. Akan tetapi, jika dalam pengaturannya terlalu sempit, maka justru motor akan tersendat-sendat karena kekurangan pasokan BBM yang seharusnya terpenuhi. Maka pengaturan pada bagian ini harus dilakukan secara teliti dan presisi.

Baca Juga:
Kemudikan Ambulans untuk Emmeril Kahn Mumtadz, Pengemudi Ini Memaknai Besarnya Rasa Sayang Seorang Ayah

Atur gas

Saat berkendara, sangat tidak dianjurkan untuk menggeber gas secara mendadak. Karena jika gas ditarik secara mendadak, bahan bakar yang masuk dalam proses pembakaran di dalam mesin juga akan semakin banyak. Hal tersebut akan membuat motor lebih boros.

Amati klep

Dalam proses pembakaran yang menghasilkan kekuatan mesin ketika berjalan, klep punya peranan sangat penting. Semburan dari bahan bakar sebelum diolah menjadi tenaga mesin, awal mulanya berasal dari bagian klep ini.

Untuk membuatnya menjadi irit, bisa diatur kerapatan klep. Atur saja pada posisi yang memungkinkan klep masih bisa menyemburkan bensin secara ideal. Namun jangan terlalu rapat, karena bensin tidak akan menyembur yang mengakibatkan motor malah tidak bisa berjalan.

Ilustrasi oli motor. (freepik)
Ilustrasi oli motor. (freepik)

Perhatikan oli

Penggunaan oli ikut mempengaruhi motor menjadi lebih irit. Fungsi oli sendiri adalah sebagai pelumas yang mampu membuat gesekan antarbagian pada mesin menjadi lebih mudah.

Dengan menggunakan oli berkualitas, gesekan yang terjadi bisa diminimalkan, sehingga setiap bagian pada mesin akan dapat bekerja lebih optimal.

Selain itu, harus diperhatikan pula waktu penggantian oli. Pasalnya oli sendiri hanya bisa berfungsi maksimal untuk menempuh jarak tertentu. Pada umumnya, standar penggantian oli wajib dilakukan saat motor sudah menempuh jarak kurang lebih 1.500 hingga 2.000 km.

Ilustrasi busi sepeda motor. [Shutterstock]
Ilustrasi busi sepeda motor. [Shutterstock]

Lihat bagian busi

Busi pun memiliki peranan penting dalam membuat motor lebih irit. Penggunaan busi berkualitas akan mampu membuat proses pengapian dan pembakaran pada kendaraan motor lebih maksimal. Sehingga memungkinkan untuk lebih membuat penggunaan BBM menjadi lebih irit.



#Ingin #Sepeda #Motor #Irit #BBM #Berikut #Kiatnya

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.