Ini Pengertian dan Tingkatan Mutunya

by -432 Views
Ini Pengertian dan Tingkatan Mutunya

Garudamuda.co.id – Agar motor atau kendaraan Anda tetap berjalan dengan baik dan tahan lama, maka Anda perlu mengganti atau memperbaiki sparepart atau suku cadang yang rusak secara rutin. Jadi, sparepart adalah suatu barang yang mengandung berbagai komponen dalam satu kesatuan dan memiliki fungsi tertentu. 

Diketahui, sparepart atau juga kerap disebut onderdil banyak digunakan pada berbagai jenis kendaraan, sehingga jenisnya juga sangat beragam. Setidaknya ada beberapa jenis suku cadang yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari tentang sistem kerjanya. Melansir dari berbagai sumber, adapun jenis-jenis sparepart adalah sebagai berikut:

Ilustrasi onderdil motor. (pixabay.com)

1. Original 

Original equipment manufacturer (OEM) adalah produk sparepart asli atau originak buatan pabrik. Produk ori ini biasanya memiliki kualitas baik dan banyak jenisnya yang dapat ditemukan di industri otomotif. Biasanya, produk original diproduksi oleh produsen asli atau perusahaan lain yang ditunjuk produsen.

Baca Juga:
STNK Only Artinya Apa? Buat yang Mau Beli Kendaraan Bekas, Simak Penjelasannya di Sini

Tidak semua jenis sparepart motor dapat dibuat atau diproduksi oleh pabrikan, sehingga ada sejumlah jenis sparepart kendaraan yang pembuatannya dialihkan ke perusahaan lain, namun tetap ditunjuk oleh pabrikan kendaraan.

Walaupun dilakukan oleh perusahaan lain, sparepart yang diproduksi tetap original atau asli, karena pembuatannya mengikuti standar yang diterapkan oleh pabrikan.

2. Non-Produsen

Sparepart yang dibuat oleh non-manufaktur adalah jenis yang diproduksi oleh perusahaan sparepart motor untuk kebutuhan segmen tertentu, sehingga tidak dibuat untuk kebutuhan normal kendaraan.

Non-produsen sparepart adalah perusahaan yang memproduksi sparepart untuk hobi, kustomisasi, balap, dan berbagai keperluan lainnya. Non-produsen juga dapat membuat sparepart sesuai pesanan klien. Biasanya, sparepart non-produsen tidak akan ada hubungannya atau terkait dengan produsen motor, tetapi non-produsen biasanya memiliki lisensi sebelum membuat sparepart

Baca Juga:
Strobo adalah: Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya

Spare part yang diproduksi oleh non-manufacturer dapat memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan hasil manufaktur atau bahkan bisa lebih baik dari sparepart asli dari pabrikan.

3. Non Original

Non Original atau di Indonesia dikenal dengan KW merupakan istilah yang sangat familiar di dunia otomotif. Sparepart yang dinyatakan sebagai KW biasanya dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu KW 1, 2, dan 3. Biasanya ketiga kategori KW tersebut hanya memiliki sedikit perbedaan yaitu pada tampilan bahan pembuatan yang digunakan.

Banyak juga yang beranggapan bahwa produk KW termasuk dalam kategori produk palsu sehingga produk KW tidak akan diproduksi oleh perusahaan manufaktur motor dan juga tidak akan mendapatkan lisensi dari produsen motor tersebut.

Bila Anda menggunakan sparepart KW, tentu sangat berbahaya bagi kendaraan Anda dan keselamatan Anda, karena kualitas suku cadang KW kemungkinan besar tidak memenuhi standar keselamatan.

Demikian informasi mengenai apa itu sparepart yang penting untuk diketahui bagi para pemilik kendaraan. Agar kendaraan tetap stabil, penting untuk selalu melakukan perawatan yang rutin. Salah satunya dengan mengganti atau sparepart yang perlu diganti dan memperbaiki sparparte yang perlu diperbaiki.

Kontributor : Ulil Azmi



#Ini #Pengertian #dan #Tingkatan #Mutunya

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.