5 Bus AKAP dengan Rute Terjauh, Ada yang Layani Rute Berjarak Hampir 3.000 Km

by -733 Views
Mudik Gratis Lebaran 2022, Pemprov Jateng Luncurkan 118 Bus Bagi Perantau yang Pulang Kampung

Garudamuda.co.id – Anda penikmat moda bus? Jika iya, pernahkah Anda menaiki bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dengan rute hingga ribuan kilometer? Ya, Indonesia punya sejumlah perusahaan otobus (PO) bus AKAP ydengan rute terpanjang antarpulau. 

Sebagian rute jauh saat ini rata-rata masih dipegang bus-bus asal Sumatra seperti PO Antar Lintas Sumatra (ALS). PO tersebut melayani trayek seperti Banyuwangi-Aceh dan Banyuwangi-Medan. Jarak tersebut bisa dibilang hampir sama dengan perjalanan dari Eropa Barat menuju ujung Eropa Timur. 

Berikut ini ulasan bus AKAP dengan rute terjauh di Indonesia, yang dihimpun dari beberapa aplikasi penjualan tiket bus online.

1. PO Siliwangi Antar Nusa (SAN)

Baca Juga:
Kemenhub Ungkap Pemudik Lebih Pilih Travel Gelap Dibanding Bus AKAP Saat Lebaran

PO yang melayani jasa angkutan penumpang sejak 1993 ini melayani berbagai trayek jauh perjalanan pulang pergi (PP), seperti Jakarta-Pekanbaru, Solo-Bengkulu, dan Bandung-Lampung.

Rute terjauh PO ini adalah Jakarta-Pekanbaru yang memiliki jarak sekitar 1.239 km, dengan waktu tempuh 25 jam. Deretan bus PO SAN didominasi armada mewah dengan sasis triple axle bikinan Eropa.

2. PO Sempati Star

Sempati Star menjadi salah satu PO yang mengambil rute Medan-Jakarta. Bus tipe double decker menjadi daya tarik tersendiri dari PO Sempati Star. Ini karena bus-bus Sumatra jarang menggunakan tipe bus tersebut. Beberapa bus Sempati Star juga memakai tameng pelindung di kaca depan untuk mencegah kerusakan kaca akibat lemparan batu.

3. PO Antar Lintas Sumatra (ALS)

Baca Juga:
Pemudik Diprediksi Mulai Masuk Wilayah Gunungkidul Kamis Malam Ini

PO ALS adalah salah satu PO legendaris di Indonesia karena berdiri sejak 1966. PO yang bermarkas Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatra Utara ini melayani berbagai rute perjalanan pulang-pergi, baik AKDP maupun AKAP.



#Bus #AKAP #dengan #Rute #Terjauh #Ada #yang #Layani #Rute #Berjarak #Hampir

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.