Amerika Serikat Perluas Penerapan Pelat Nomor Digital, Ini Keunggulannya

by -161 Views
Amerika Serikat Perluas Penerapan Pelat Nomor Digital, Ini Keunggulannya

Garudamuda.co.id – Negara bagian Michigan kini melegalkan penggunaan pelat nomor mobil digital. Sebelumnya, digitalisasi ini sudah diterapkan di California dan Arizona serta 10 negara bagian lainnya di seantero Amerika Serikat.

Melansir Carscoops, penggunaan pelat nomor tanpa fisik pelat logam itu memiliki beberapa kegunaan. Salah satunya adalah memudahkan pihak berwajib saat terjadi pelanggaran lalu lintas maupun kecelakaan.

Detailnya, jika pelat nomor konvensional menggunakan material logam atau besi, maka pelat nomor digital terdiri dari display yang dilapisi kaca dan dipasang dalam sebuah frame. Pelat ini mengandalkan chip komputer dan sistem komunikasi nirkabel secara independen.

Ilustrasi digitalisasi. [Buffik/Pixabay]

Dengan demikian pemilik dapat mendaftarkan mobil mereka secara elektronik dan menghindari penggunaan pelat logam. Penggunaan pelat digital juga membuat mobil lebih aman dari tindak pencurian.

Baca Juga:
Aktif di Media Sosial? Ini Saran Jonathan Rea Tentang Kesehatan Mental dari Pengalaman World Superbike 2021

Pelat nomor digital bisa menampilkan sinyal peringatan saat mobil akan dicuri. Keunggulan lain, pelat nomor digital menawarkan kemudahaan saat pemilik mobil ingin memperpanjang masa aktifnya.

Namun demikian, penerapan pelat nomor digital memiliki kekurangan dari segi biaya. Pelat nomor model ini masih mahal.

Tidak hanya biaya komponennya yang mahal, perusahaan pembuat pelat nomor digital juga masih mengenakan biaya berlangganan bulanan.

Baca Juga:
Uni Eropa Kurangi Ketergantungan Energi dari Rusia, Kini Andalkan Pemasok dari Mediterania Timur



#Amerika #Serikat #Perluas #Penerapan #Pelat #Nomor #Digital #Ini #Keunggulannya

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.