Kick-off National Showcase SMK BISA, Grup Astra Tingkatkan Daya Saing Lulusan Vokasi

by -713 Views
Kick-off National Showcase SMK BISA, Grup Astra Tingkatkan Daya Saing Lulusan Vokasi

Garudamuda.co.id – Grup Astra adalah salah satu perusahaan publik terbesar di Indonesia, terdiversifikasi menciptakan sinergi dan peluang di seluruh sektor industri, antara lain otomotif dan jasa keuangan. Memiliki 240 anak perusahaan, ventura bersama, serta entitas asosiasi, didukung hampir 190.000 karyawan.

Sementara National Showcase SMK Binaan Astra (BISA) adalah program pengembangan SMK secara mendalam dan menyeluruh sesuai konsep 8+i Link and Match yang mengedepankan kemitraan dan penyelarasan bersama Grup Astra untuk menjadikan SMK sebagai pusat rujukan nasional.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. menyampaikan keynote speech dalam acara Kick Off National Showcase SMK Binaan Astra (BISA) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Kepanjen, Malang, Jawa Timur pada hari ini (17/6/2022) [Grup Astra].

Konsep 8+i ini meliputi penyelarasan kurikulum, project based learning, guest teacher/industrial instructor, praktik kerja lapangan/industri, sertifikasi kompetensi, upskilling-reskilling untuk guru, teaching factory development, komitmen serapan, dan pengembangan sekolah menjadi industrial style.

Nantinya, relevansi seluruh program keahlian akan disesuaikan dengan kebutuhan kerja pada perusahaan Grup Astra. Diharapkan program ini dapat meningkatkan kualitas SDM vokasi yang berdaya saing tinggi, khususnya di tingkat global.

Dikutip dari rilis resmi Astra sebagaimana diterima Garudamuda.co.id, hari ini, Jumat (17/6/2022) Astra Group melakukan Kick Off National Showcase SMK BISA di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Kepanjen, Malang, Jawa Timur.

Baca Juga:
Pemesanan All-New MU-X dan D-Max 4X4 Melonjak Dua Kali Lipat, Astra Isuzu Adu Cepat Dapatkan Kuota CBU

Acara ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Direktur SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd., dan Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Astra yang telah memberikan perhatian dan komitmen yang sangat kuat untuk kemajuan human development kita. Saya rasa Astra adalah salah satu perusahaan dalam negeri yang patut dicontoh dengan komitmennya yang sangat kuat untuk kemajuan bangsa kita,” ungkap Menteri Muhadjir Effendy dalam keynote speech acara yang diadakan secara hybrid ini.

“Sebagai langkah keberlanjutan program, Grup Astra akan terus mendampingi pengembangan National Showcase SMK BISA agar dapat menjadi sekolah vokasi unggulan seperti yang kita cita-citakan bersama,” sambut Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra.

“Dengan ini pula kami mengajak semua stakeholders baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, industri Grup Astra, maupun sekolah itu sendiri untuk dapat berlari bersama kami dalam program National Showcase SMK BISA,” tambahnya.

Baca Juga:
Selebrasi Virtual Buka Rangkaian HUT ke-65 Astra Wilayah Sumatera

SMK BISA berjalan sejak 2010 dengan fokus pelatihan dan pendampingan SMK, pengembangan teaching factory, sinergi dengan badan terkait, serta pengembangan sistem link and match SMK terhadap industri.

Dan sampai tahun ini, Astra telah membina 3.336 SMK dengan lebih dari 1.200 SMK. Di antaranya sudah Link and Match di seluruh Indonesia. Selain itu, 137 SMK juga telah terverifikasi dengan Teaching Factory Assessment.

SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen merupakan salah satu dari dua SMK yang terpilih dari sekian banyak SMK BISA untuk menjadi percontohan nasional dengan kompetensi beyond nasional dalam program National Showcase SMK BISA kali ini.



#Kickoff #National #Showcase #SMK #BISA #Grup #Astra #Tingkatkan #Daya #Saing #Lulusan #Vokasi

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.