Starlink Kantongi Izin Sediakan Layanan Internet untuk Kendaraan Umum Dimensi Besar Seperti Truk

by -1189 Views
Starlink Kantongi Izin Sediakan Layanan Internet untuk Kendaraan Umum Dimensi Besar Seperti Truk

Garudamuda.co.id – Starlink adalah bagian dari perusahaan luar angkasa SpaceX milik pengusaha mobil listrik Tesla Incorporation, Elon Musk.

Dikutip kantor berita Antara dari Reuters, Starlink kini mengantongi perizinan dari Komisi Komunikasi Federal (Federal Communication Comission atau FCC) Amerika Serikat untuk menyediakan layanan internet bagi kendaraan-kendaraan umum dimensi besar. Contohnya truk besar, pesawat terbang, sampai kapal.

Dengan demikian Starlink bisa bersaing dengan kompetitor seperti OneWeb serta proyek Kuiper yang dikomandani boss Amazon, Jeff Bezos.

Baca Juga:
Investasi 1,2 M Euro untuk Pabrik Mobil Listrik Dekat Perbatasan Ukraina, Volvo Cars Serap Ribuan Karyawan

Jaringan internet yang digunakan di berbagai moda transportasi seperti truk besar dan pesawat udara ini akan dilayani satelit-satelit milik Starlink. Perusahaan ini adalah penyedia layanan internet untuk daerah perdesaan serta para perusahaan otomotif.

“FCC mengizinkan terminal kelas baru untuk sistem satelit SpaceX sehingga dapat memperluas jangkauan kemampuan broadband untuk memenuhi permintaan pengguna yang terus meningkat terutama bagi yang memerlukan konektivitas saat bepergian,” jelas FCC yang dikutip kantor berita Antara dari Reuters pada Senin (4/7/2022).

Operasional Starlink perdana via peluncuran  Falcon 9 oleh SpaceX pada 11 November 2019 di Cape Canaveral, Florida.  Sebagai ilustrasi [AFP/HO/SPACEX]

SpaceX sejak 2019 terus meluncurkan sekitar 2.700 satelit Starlink ke orbit rendah Bumi dan telah mengumpulkan ratusan ribu pelanggan. Dengan biaya berlangganan 110 dolar AS per bulan atau sekira Rp 1,6 juta untuk internet dan biaya awal pemasangan terminal secara mandiri sebesar 599 dolar AS atau Rp 8,9 juta.

Starlink dengan potensi kemampuan menghadirkan internet di medan-medan yang tak terjangkau kabel optik kini melebarkan upayanya untuk menggaet lebih banyak pasar. Termasuk dalam beberapa tahun terakhir mengajak berbagai maskapai penerbangan untuk menyediakan layanan internet.

Juga mengajukan izin kepada regulator supaya jaringan internetnya bisa terpasang di kendaraan-kendaraan komersial yang sulit terjangkau sistem internet konvensional.

Baca Juga:
Komedian Legendaris Kadir Sebutkan Punya Mobil Apa Saja Tidak Masalah, Kecuali Saat Isi Bahan Bakar

Elon Musk berharap Starlink mampu menyediakan layanan internet untuk sektor transportasi komersial dimensi besar. Antara lain truk besar, pesawat terbang, serta kapal.



#Starlink #Kantongi #Izin #Sediakan #Layanan #Internet #untuk #Kendaraan #Umum #Dimensi #Besar #Seperti #Truk

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.