Yuk, Berkendara Jauh Pakai Sepeda Motor Secara Aman dan Terencana

by -470 Views
Yuk, Berkendara Jauh Pakai Sepeda Motor Secara Aman dan Terencana

Garudamuda.co.id – Bepergian mengendarai sepeda motor untuk jarak jauh bisa dilakukan dengan keseruan serta anti-ribet. Salah satunya adalah dengan perencanaan matang.

Dalam upaya mendukung keselamatan masyarakat Indonesia saat berkendara, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) sebagai salah satu produsen motor terbesar di Indonesia siap berbagi tips menikmati perjalanan dengan sepeda motor.

“Tetap penting bagi kita untuk dapat selalu menjaga keselamatan. Mulai dari memastikan kondisi fisik pengendara, memantau gaya berkendara dengan ECO riding, serta menjaga kondisi sepeda motor tetap prima dengan melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum berkendara,” papar Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA, & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dalam rilis resmi Yamaha sebagaimana diterima Garudamuda.co.id.

“Kami harap seluruh masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya pemahaman cara berkendara yang tepat serta dapat mengaplikasikannya untuk mendukung keselamatan,” lanjutnya.

Baca Juga:
Tiga Faktor yang Perlu Dipahami Sebelum Memutuskan Mudik Naik Sepeda Motor

Kondisi jalan saat ini semakin aktif dan ramai dipenuhi beragam kendaraan, mulai dari kendaraan kecil seperti sepeda motor, angkutan umum, mobil, hingga kendaraan muatan besar seperti truk, bus, dan sejenisnya.

Situasi demikian bisa menyebabkan kemacetan dan rawan kecelakaan. Oleh karena itu, para pengemudi kendaraan bermotor khususnya roda dua mesti memastikan kondisi fisik dan motor tetap prima.

Berikut tips berkendara aman, nyaman dan efisien:

Pastikan kondisi motor dalam keadaan prima

  • Lakukan pemeriksaan kondisi motor sebelum berkendara, seperti pengecekan oli, lampu dan kelistrikan, serta kondisi ban. Pastikan sistem penerangan berfungsi dengan baik untuk berkendara di malam hari.
  • Bagi pengendara motor Yamaha, bisa memanfaatkan aplikasi My Yamaha untuk mendapatkan informasi dealer terdekat, informasi dan notifikasi pengingat servis,informasi fasilitas Servis Kunjung Yamaha (SKY), hingga informasi perihal produk, acara, dan promosi.

Pastikan membawa surat-surat berkendara

Baca Juga:
Survei: 80 Persen Pengemudi Mobil Bermain Handphone Saat Berada di Balik Setir

  • Mendukung kenyamanan pengendara, pastikan selalu membawa dan memeriksa masa berlaku surat berkendara, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
Pedagang membersihkan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) di sentra penjualan helm Jalan Merdeka Timur, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (28/4/2021). Sebagai ilustrasi helm [ANTARA FOTO/Rahmad]

Gunakan perlengkapan berkendara lengkap

  • Menggunakan perlengkapan berkendara lengkap Selalu gunakan helm, jaket, sarung tangan, sepatu, masker, dan pakaian yang nyaman saat berkendara.
  • Hindari menggunakan celana pendek dan sandal. Saat musim hujan, disarankan membawa jas hujan dengan model atasan dan celana.

Membawa barang secukupnya

  • Pengendara dapat membawa barang sesuai dengan kapasitas sepeda motor yang disarankan.
  • Pengendara dapat memanfaatkan bagasi sepeda motor yang luas seperti pada Yamaha FreeGo atau menggunakan Top Case Yamaha untuk membantu membawa muatan lebih banyak.
Ilustrasi jenis rambu lalu lintas. (Pexels/Athena)
Ilustrasi rambu lalu lintas dan rute perjalanan (Pexels/Athena)

Patuhi peraturan lalu lintas

  • Keselamatan dimulai dari diri sendiri, maka diharapkan setiap pengendara disiplin mengikuti perarturan dan rambu lalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Pahami rute perjalanan

  • Pengendara wajib merencakan rute perjalanan dan mencari informasi mengenai kondisi jalan yang akan dilewati sebelum mulai berkendara agar perjalanan lebih tenang dan tidak mengganggu pengendara lainnya.
  • Jika pertama kali mengunjungi wilayah baru, jaga kecepatan berkendara.

Menjaga kondisi fisik tetap prima sebelum dan saat berkendara

  • Pastikan pengendara beristirahat cukup dengan tidur lebih awal dan menghindari alcohol sebelum melakukan perjalanan.
  • Jika merasa lelah waktu perjalanan, disarankan berhenti untuk beristirahat setidaknya setiap dua jam sebelum melanjutkan perjalanan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Yuk #Berkendara #Jauh #Pakai #Sepeda #Motor #Secara #Aman #dan #Terencana

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.