Punya 3 Metode Pengisian Daya, Skuter Listrik Yamaha E01 Bisa Di Charge Pakai Powerbank

by -1364 Views
Punya 3 Metode Pengisian Daya, Skuter Listrik Yamaha E01 Bisa Di Charge Pakai Powerbank

Garudamuda.co.id – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memperkenalkan skuter listrik Yamaha E01 lewat pameran otomotif Indonesia International Motor Show atau IIMS Hybrid 2022.

Meski masih berupa produk prototipe, skuter listrik rakitan Yamaha ini dibekali sejumlah teknologi canggih untuk urusan pengisian daya.

Pengisian ulang atau charging skutik listrik Yamaha E01 [ANTARA].

Dalam sesi virtual conference yang digelar baru-baru ini, Takuya Maruo selaku Engineer Project Leader Yamaha Motor Jepang menjelaskan bahwa Yamaha E01 memiliki tiga metode pengisian daya. Yaitu:

  1. Pertama fast charger hanya memerlukan waktu satu jam untuk mengisi baterai dari 0 hingga 90 persen. Untuk sistem pengisian fast charging ini nantinya akan tersedia di jarangan Yamaha.
  2. Kedua, normal charger, seperti disebutkan Maruo-san, “Normal charger perlu lima jam untuk pengisian penuh 0 sampai 100 persen.” Untuk sistem pengisian ini, nantinya bisa dipasang di rumah pemilik kendaraan.
  3. Sementara pilihan ketiga, adalah portable charger dengan waktu pengisian yang lebih lama, yakni 14 jam dari 0 hingga 100 persen kapasitas baterai.  “Perangkat ini bisa dibawa pengguna layaknya sebuah powerbank untuk smartphone,” jelas Maruo-san.

Sebagai catatan, Yamaha E01 menggunakan baterai 8,1 kW yang terpasang permanen (non-removable). Dengan baterai diisi penuh mampu menempuh jarak 130 km (dengan kecepatan konstan 60km per jam dan tergantung kondisi lalulintas).

Baca Juga:
Terpikat Hyundai IONIQ 5? PT HMID Resmi Umumkan Harga Mobil Listrik Ini

Adapun dimensi, Yamaha E01 memiliki ukuran panjang 1.930mm × lebar 810mm × tinggi 1.190mm dengan ketinggian posisi duduk ke tanah 755mm. Posisi berkendara motor itu menyerupai Yamaha NMax.

Yamaha E01 dibekali tiga mode berkendara:

  1. PWR dengan output maksimal 8,1kW per 5.000rpm, torsi maksimum 30,2Nm per 1.950rpm dan kecepatan maksimal 100km per jam.
  2. STD dengan output maksimal 8,1kW per 5.000rpm, torsi maksimum 24,5Nm per 1.500rpm dan kecepatan maksimal 100km per jam.
  3. Economic atau ECO memiliki output maksimal 5,4kW per 4.500rpm, torsi maksimum 21,4Nm per 1.500rpm dan kecepatan maksimal 60km per jam.

Motor itu menggunakan electronic control sebagai otaknya dengan memanfaatkan fungsi Vehicle Control Unit (VCO), Battery Management System (BMS) dan Motor Control Unit (MCU). Terdapat juga reverse mode, regenerative brakes dan traction control system.

Yamaha E01 yang berstatus produk global akan diuji coba di beberapa negara Eropa dan Asia, termasuk Indonesia.

Baca Juga:
Yuk, Berkendara Jauh Pakai Sepeda Motor Secara Aman dan Terencana

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Punya #Metode #Pengisian #Daya #Skuter #Listrik #Yamaha #E01 #Bisa #Charge #Pakai #Powerbank

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.