Kadar Oktan, Harga dan Keunggulan Masing-Masing

by -329 Views
Kadar Oktan, Harga dan Keunggulan Masing-Masing

Garudamuda.co.id – Dinamika harga bahan bakar minyak terus terjadi, akibatnya penjual BBM di tanah air juga harus melakukan adaptasi. Shell misalnya, harus melakukan penyesuaian tarif beberapa kali dalam beberapa waktu terakhir, terkait harga, perbedaan Shell Super dan V-Power ternyata cukup mencolok.

Kedua jenis bahan bakar ini merupakan produk andalan Shell yang disediakan untuk masyarakat, sebagai opsi lain dari BBM yang disediakan Pertamina. Untuk mengetahui perbedaan Shell Super dan V-Power lebih jauh, Anda bisa simak beberapa poin berikut ini.

Perbedaan Kadar Oktan

Perbedaan paling mendasar dari Shell Super dan V-Power terletak pada kadar oktan yang dimilikinya. Pada Shell Super, oktan yang dimiliki adalah 92, setara dengan bahan bakar Pertamax milik Pertamina. Sedangkan pada Shell V-Power kadar oktan yang dimiliki adalah 95, mirip dengan Pertamax Plus.

Baca Juga:
Heboh Oli Merek Shell Berlogo Yamaha pada Tutupnya, Publik: Limited Edition Mbah

Kadar oktan atau RON ini menjadi indikasi bagaimana bahan bakar tersebut diolah oleh mesin mobil. Selain itu, peruntukan bahan bakar juga akan disesuaikan dengan spesifikasi mobil atau kendaraan bermotor. Semakin sesuai keduanya maka semakin optimal pembakaran yang dilakukan.

Perbedaan Harga

Ilustrasi logo Shell. (Unsplash/Jethro Carullo)

Serupa dengan harga Pertamax dan Pertamax Plus yang berbeda cukup jauh, perbedaan harga juga muncul pada Shell Super dan Shell V-Power. Pada bulan Maret 2022 lalu, harga Shell Super di Jakarta adalah Rp12.990 per liter, sedangkan harga Shell V-Power di angka Rp14.500 per liter.

Lalu bagaimana dengan update harga per bulan April 2022?

Sebenarnya pada bulan April 2022 sendiri, Shell melakukan dua kali penyesuaian harga. Pertama di awal bulan, dimana Shell Super dijual dengan harga Rp.16.500 per liter dan Shell V-Power di angka Rp16.750 per liter. Namun per tanggal 22 April 2022 lalu, harga yang digunakan adalah Rp15.850 pada Shell Super, dan Rp16.750 per liter untuk Shell V-Power.

Baca Juga:
Ogah Ketularan Bensin Mahal, India akan Tetap Borong Minyak asal Rusia?

Perbedaan ‘Khasiat’

Meski sama-sama merupakan produk unggulan milik Shell, namun keduanya ternyata dijual dengan teknologi yang berbeda. Perbedaan jelas adalah Shell Super membuat konsumsi bahan bakar lebih optimal, sehingga memiliki jarak tempuh yang lebih jauh, sedangkan pada Shell V-Power menekankan pada performa kendaraan, sehingga mesin dapat benar-benar menunjukkan kekuatannya.

Itu tadi sedikit penjelasan perbedaan Shell Super dan V-Power yang bisa dibagikan. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda.



#Kadar #Oktan #Harga #dan #Keunggulan #MasingMasing

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.