Biar Aman dan Nyaman, Ikuti Langkah Berikut Ini

by -800 Views
Biar Aman dan Nyaman, Ikuti Langkah Berikut Ini

Garudamuda.co.id – Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang akan melaksanakan mudik dengan menggunakan motor. Meski sebenarnya kurang direkomendasikan untuk perjalanan jauh, namun berbagai hal mengharuskan aktivitas ini terjadi. Untuk mendukungnya, berikut ada beberapa tips mudik dengan motor agar aman dan selamat sampai tujuan.

Berikut tips mudik dengan motor selengkapnya untuk Anda.

1. Selalu Pastikan Kondisi Kendaraan

Ilustrasi motor 4-tak. (instagram/welovehonda_id)

Poin ini akan selalu Anda temukan di setiap artikel yang memberikan tips mudik dengan motor. Mengingat poin ini memang paling penting, maka jangan sampai lupa memastikan kondisi kendaraan saat Anda akan mudik dengan motor. Lakukan servis dan minta teknisi untuk memeriksa kondisi kendaraan Anda sehingga bisa dipastikan semua bekerja dengan baik dan siap berkendara jarak jauh.

Baca Juga:
Astra Siaga Lebaran 2022 Dukung Kegiatan Mudik Pelanggan 24 Jam, Ini Daftar Lokasi dan Nomor Telepon Penting

2. Siapkan Juga Keadaan Fisik Semua yang Turut

Ilustrasi touring naik motor. (pexels.com)
Ilustrasi touring naik motor. (pexels.com)

Selain kondisi motor, Anda juga wajib memastikan kondisi kesehatan fisik Anda dan semua yang turut serta dalam perjalanan. Tidak seperti mobil, menggunakan motor mengharuskan fisik Anda benar-benar prima sehingga bisa tetap sehat dan bugar selama perjalanan. Kelelahan yang menanti akan cukup berat, sehingga persiapan fisik seperti olahraga dan menerapkan pola hidup sehat wajib dipastikan.

3. Menggunakan Perlengkapan Riding

Ilustrasi Pemotor. (Pexels)
Ilustrasi Pemotor. (Pexels)

Jika biasanya Anda hanya berkendara dengan menggunakan helm dan jaket serta celana panjang untuk keperluan harian, maka perlengkapan riding yang layak sangat direkomendasikan untuk aktivitas mudik. Mengapa? Sebab perlengkapan riding akan memberikan proteksi maksimal selama Anda berkendara, sehingga dapat mengurangi terjadinya cedera saat Anda di perjalanan.

4. Tidak Membawa Barang Berlebihan

Baca Juga:
Terdampak Chip Semikonduktor, AISI Optimis Penjualan Sepeda Motor Tetap Capai Target

Ilustrasi mudik dengan sepeda motor [suara.com/Kurniawan Mas'ud]
Ilustrasi mudik dengan sepeda motor [suara.com/Kurniawan Mas’ud]

Penting untuk memastikan agar Anda tidak membawa barang berlebihan. Ingat, kendaraan roda dua diperuntukkan bagi dua orang saja pada kondisi ideal. Maksimal, barang yang bisa Anda bawa agar tidak mengganggu perjalanan adalah dua ransel. Anda bisa mengirimkan berbagai barang bawaan terlebih dahulu, sehingga bisa sampai bersamaan saat Anda tiba di kampung halaman.

5. Pengisian BBM

Ilustrasi SPBU milik Pertamina. (Unsplash/Hanindito Prabandaru)
Ilustrasi SPBU milik Pertamina. (Unsplash/Hanindito Prabandaru)

Saran ini mungkin terdengar mendasar, tapi sangat direkomendasikan untuk Anda terapkan. Lakukan pengisian bahan bakar saat indikator sudah menunjukkan BBM tinggal seperempat kapasitas tangki motor Anda. Hal ini bisa membantu Anda menghindari resiko kehabisan BBM di jalan, dan menghambat perjalanan Anda.

6. Selalu Menaati Peraturan Lalu Lintas

Ilustrasi rambu-rambu dilarang parkir.[Nissan.co.id]
Ilustrasi rambu-rambu dilarang parkir.[Nissan.co.id]

Terakhir yang tidak kalah penting, adalah selalu memperhatikan dan menaati peraturan lalu lintas. Rambu lalu lintas yang dipasang di jalan benar-benar ditujukan untuk keselamatan dan kenyaman pengguna jalan, maka penting untuk selalu memperhatikannya, dan menaati setiap rambu yang ada demi kenyamanan bersama.

Itu tadi beberapa tips mudik dengan motor yang bisa dibagikan. Mungkin Anda memiliki tips lain yang bisa dibagikan dengan pembaca lainnya? Anda bisa tuliskan di kolom komentar di bawah ini!



#Biar #Aman #dan #Nyaman #Ikuti #Langkah #Berikut #Ini

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.