Michelin Bagikan Cara Periksa Kondisi Ban, Penting Bagi yang Ingin Mudik Lebaran 2022 Pakai Mobil Pribadi

by -588 Views
Michelin Bagikan Cara Periksa Kondisi Ban, Penting Bagi yang Ingin Mudik Lebaran 2022 Pakai Mobil Pribadi

Garudamuda.co.id – Kurang dari H-7 dari mudik Lebaran 2022, para calon pemudik dengan mobil pribadi sudah mempersiapkan kendaraan masing-masing. Dilakukan preparasi di bengkel resmi, serta mengganti komponen untuk memperoleh hasil maksimal dari perjalanan jauh. Termasuk ban.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Michelin Indonesia, Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia, Fachrul Rozi berbagi tips untuk komponen kendaraan dengan kinerja menyentuh permukaan tanah ini.

“Kondisi ban sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara,” jelasnya.

Markas besar Michelin di Prancis [screenshot Michelin Capitals Market Day 2021].

Ada lima hal yang harus dipersiapkan para pemudik terkait kondisi ban sebelum melakukan perjalanan. Berikut tips memeriksa ban dari perusahaan asal Prancis ini:

Baca Juga:
Agar Mudik Pakai Mobil Pribadi Terasa Peace of Mind, Asuransi Astra Bagikan Gratis Garda Me Micro via ASL 2022

1. Perhatikan kembang dan tapak ban

Kembangan alur dan ketebalan tapak ban berfungsi untuk menjaga daya cengkeram ban saat melaju di jalan raya, terutama saat melaju pada kondisi jalan basah atau hujan.

Ban dengan alur kembang yang sudah menipis dan mendekati indikator ketebalan (thread wear indicator/TWI) berpotensi menyebabkan kendaraan tergelincir atau aquaplaning saat melaju pada kondisi permukaan jalan yang basah.

Untuk melihat apakah ban masih memiliki alur kembang yang baik, para pengemudi dapat meraba atau melihat langsung kondisi ban.

Panduan indikator ketebalan tapak ban adalah 1,6 mm. Artinya jika ketebalan kembang ban sudah menipis sehingga tersisa atau mendekati 1,6 mm, maka ban harus diganti.

Baca Juga:
Astra Siaga Lebaran 2022 Dukung Kegiatan Mudik Pelanggan 24 Jam, Ini Daftar Lokasi dan Nomor Telepon Penting

2. Memeriksa tekanan angin pada ban

Para pengemudi wajib untuk memeriksa tekanan angin pada ban sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan mobil yang bisa ditemukan pada pilar pintu mobil pada sisi pengemudi atau tutup tangki bahan bakar.

Tekanan angin rendah dapat memberikan tekanan (stress) yang berlebih pada bagian dinding ban sehingga dalam jangka panjang dapat menyebabkan pecah ban.

3. Pastikan beban muatan tidak melebihi batas maksimal

Sering kali para pemudik membawa muatan barang untuk dibagikan kepada sanak saudara yang kapasitasnya melebihi normal.

Penting bagi para pengemudi untuk memperhatikan batas maksimal beban yang dapat ditanggung oleh kendaraan agar beban tidak berlebih (overweight).

Jika beban muatan melebihi batas bobot maksimal, akan membuat kendaraan menjadi lebih sulit untuk dikendalikan dan meningkatkan risiko kecelakaan.

4. Pastikan ban serep dalam kondisi siap pakai

Ban serep kerap kali terlewat dari perhatian pengemudi saat melakukan perawatan kendaraan atau saat menyiapkan kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh. Padahal kondisi ban serep tidak kalah penting dari ban utama yang digunakan.

Sebelum mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan ban serep dalam kondisi siap pakai. Artinya, ban memiliki tekanan angin yang sesuai atau sedikit lebih tinggi untuk mengantisipasi adanya penyusutan saat penyimpanan.

Selain itu, pastikan pula bahwa tidak ada retak pada ban serep, dan ban disimpan dalam keadaan bersih untuk mencegah kerusakan lebih awal.

5. Cek kelayakan pakai dan kondisi ban

Sebelum memulai perjalanan, lakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kondisi ban. Pastikan tidak ada kerusakan, misalnya goresan atau keretakan pada dinding ban, benjol, atau tambalan cacing.

Kondisi perawatan atau perbaikan ban yang tidak tepat dapat memicu terjadinya pecah ban saat melaju dengan kecepatan tertentu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Michelin #Bagikan #Cara #Periksa #Kondisi #Ban #Penting #Bagi #yang #Ingin #Mudik #Lebaran #Pakai #Mobil #Pribadi

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.