Kenali Penyebab Lampu Motor Mati, Biar Tetap Aman saat Berkendara

by -1982 Views
Kenali Penyebab Lampu Motor Mati, Biar Tetap Aman saat Berkendara

Garudamuda.co.id – Lampu yang terpasang pada motor memiliki fungsi utama sebagai penerangan jalan di saat gelap. Tak cuma itu saja, lampu juga bisa digunakan sebagai isyarat untuk pengendara jalan lainnya.

Jika lampu pada motor padam, pastinya pemotor bakal panik. Apalagi ketika hendak dipakai ketika berkendara di malam hari. Mereka akan waswas pastinya.

Lalu apa saja sih penyebab lampu motor mati? Berikut beberapa hal yang menyebabkan lampu motor mati dilansir dari Astra Motor.

1. Relay bermasalah

Baca Juga:
NgabubuTips: Kenali Efek Samping Telat Ganti Oli Mobil, Bisa Bikin Boros Bahan Bakar

Relay pada motor berfungsi mirip dengan saklar listrik. Keberadaannya berguna untuk mengalirkan daya listrik dari sumbernya ke bagian-bagian motor yang membutuhkan aliran listrik.

Nah, lampu menjadi salah satu bagian yang tersambung dengan jalur relay ini. Jika lampu tiba-tiba mati, bisa jadi relay bermasalah.

Untuk itu, kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian ini dan membersihkannya. Biasanya, lampu motor yang mati karena masalah pada relay disebabkan oleh komponen yang kotor dan berkarat.

Ilustrasi lampu motor (Motorcycles.com)

2. Soket lampu longgar atau copot

Soket lampu longgar atau copot bisa menjadi salah satu permasalahan selanjutnya. Untuk memperbaiki masalah ini, bisa dilakukan penyambungan kembali ke tempat semula.

Baca Juga:
NgabubuTips: Kendalikan Diri saat Berkendara Motor di Bulan Puasa, Perhatikan 4 Hal Ini

Pastikan dalam menyambungkan harus tepat dan kuat karena soket terbuat dari bahan plastik yang cenderung lebih mudah mengalami pelonggaran dan lepas sewaktu-waktu.

3. Aki motor soak

Aki menjadi komponen terpenting dalam kelistrikan motor. Jika lampu mati, bisa jadi aki motor sudah mulai soak.

Oleh karena itu tetap pastikan kondisi aki motor agar tetap prima. Atau jika sudah waktunya diganti, sebaiknya segera diganti aki tersebut.

4. Masalah pada kabel motor

Jika doyan dengan modifikasi motor, pasti ada saja masalah pada kabel motor. Lebih baik cek kembali semua kondisi komponen kelistrikan yang ada di kendaraan.

Pastikan semua kabel berada dalam kondisi baik dan terpasang semestinya. Sebab, sering kali orang-orang lupa memasang kembali beberapa kabel pada sepeda motornya setelah dimodifikasi. Sebaiknya, cek kembali lokasi pemasangan serta kondisi kabel dan pastikan tidak ada yang putus.

5. Kondisi bohlam lampu motor yang bermasalah

Meski jarang, namun bohlam lampu motor juga dapat bermasalah, lho.

Tak ada salahnya jika membongkar bagian lampu yang mati dan mengecek kondisinya bohlamnya.

Pada bagian ini, bohlam berfungsi sebagai pengubah daya listrik menjadi cahaya. Nah, bohlam lampu sendiri memiliki kapasitas tegangan listrik yang berbeda-beda saat diserap.

Setiap motor pun juga memiliki klasifikasinya tersendiri terhadap tegangan bohlam lampu yang disarankan. Jika bohlam menyerap tenaga yang terlalu besar atau sebaliknya, hal ini akan memicu terjadinya kinerja yang kurang optimal.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Kenali #Penyebab #Lampu #Motor #Mati #Biar #Tetap #Aman #saat #Berkendara

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.