Benarkah Mengisi BBM Full Tank Bikin Konsumsi Mobil Lebih Irit?

by -453 Views
Benarkah Mengisi BBM Full Tank Bikin Konsumsi Mobil Lebih Irit?

Garudamuda.co.id – Sejumlah pengguna mobil yakin bahwa mengisi bahan bakar minyak (BBM) secara full tank bisa membuat mobil jadi lebih irit bahan bakar.

Well, apakah cara ini benar terjadi atau hanya perasaan pengguna mobil karena merasa jarum bensin lebih lama turun?

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan, Suparna menegaskan bahwa mengisi bensin sebaiknya full tank sebenarnya lebih kepada tindakan mengurangi terjadinya kondensasi.

Ilustrasi SPBU [Pertamina].

“Jika bensin full maka tidak akan terjadi kondensasi pada tangki mobil. Kondensasi adalah perubahan wujud dari gas ke benda padat,” kata Suparna, dikutip dari laman Auto2000.

Baca Juga:
Kerja Sama BMW Motorrad Spanyol dan Pangea Hasilkan Paket Wisata Otomotif Pemicu Adrenalin

Suparna menambahkan, mengisi bensin penuh lebih baik daripada kosong. Sebab jika kosong maka udara yang ada pada tangki mobil akan mengalami kondensasi saat malam dan pagi hari.

Semakin banyak udara yang masuk pada tangki BBM mobil maka kondensasi lebih cepat. Hal ini disebabkan udara yang mengembun semakin banyak, terlebih lagi jika temperatur dingin proses akan lebih cepat.

Selain dianjurkan untuk mengisi bensin secara full sebaiknya menggunakan bahan bakar yang memiliki kandungan oktan tinggi, seperti Pertamax.

“Mengisi bahan bakar dengan Pertalite juga bisa mempercepat terjadinya korosi karena sisa-sisa bahan bakar akan menyebabkan terjadinya endapan-endapan yang mana jika dibiarkan terus-menerus akan merusak tangki mobil,” tutup Suparna.

Baca Juga:
Pertamina Siapkan Armada Motor Pengantar BBM, Bantu Pemudik yang Terjebak Macet

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Benarkah #Mengisi #BBM #Full #Tank #Bikin #Konsumsi #Mobil #Lebih #Irit

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.