Gelar Temu Daring, PT Federal International Finance Umumkan Pertumbuhan Positif Tahun Ini

by -214 Views
Gelar Temu Daring, PT Federal International Finance Umumkan Pertumbuhan Positif Tahun Ini

Garudamuda.co.id – Dalam gelaran Silaturahim dan Halal Bihalal FIFGROUP bersama Media yang digelar secara daring pada Rabu (25/5/2022) PT Federal International Finance menyatakan pertumbuhan positif di tahun ini.

PT Federal International Finance atau FIF adalah anak anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang jasa keuangan. Termasuk layanan pembiayaan untuk sepeda motor produksi PT Astra Honda Motor (AHM).

Board of Directors (BOD) PT FIF hadir dalam formasi lengkap, yaitu Margono Tanuwijaya, Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Hugeng Gozali, Finance Director, Antony Sastro Joepoetro, Marketing Director, Setia Budi Tarigan, Operation Director, Esther Sri Harjati, HC, GS and Corcomm Director, serta dipandu moderator Yulian Warman, Chief of CorComm and CSR PT FIFGROUP.

Dalam pidato pengantarnya sebagaimana dikutip Garudamuda.co.id, Margono Tanuwijaya selaku CEO PT FIFGROUP mengungkapkan bahwa di masa awal pandemi COVID-19 pihaknya memiliki beban berat. Financial company melakukan relaksasi karena kondisi ekonomi terdampak cukup signifikan.

Baca Juga:
PT Astra Daihatsu Motor Umumkan Jajaran Direksi Baru, Ada Pergantian Bagi yang Memasuki Masa Purnabakti

Di sisi lain, pandemi COVID-19 menyebabkan mobilitas konsumen berubah sehingga behaviour juga ikut berubah. Situasi ini mesti direspon sehingga sebagai pihak layanan pembiayaan PT FIFGROUP juga melakukan inovasi. Antara lain dari layanan offline menjadi online.

Kantor pusat PT Federal International Finance (FIF), FIFGROUP berhasil membukukan pertumbuhan positif di 2022 [FIFGROUP].

Sektor digitalisasi sebagai bagian dari bisnis yang dikembangkan dan diluncurkan sekitar tiga tahun sebelum pandemi COVID-19 pun menjalankan fungsinya. Lantas di April 2022 juga disediakan pembiayaan micro finance.

Sebagai bagian dari Astra Financial, PT FIFGROUP membukukan kinerja positif selama periode Januari-Maret 2022, dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Pencapaian ini seiring mulai bergeraknya roda perekonomian setelah penurunan kasus COVID-19 di Indonesia.

PT FIF berhasil mencatatkan pertumbuhan pada nilai penyaluran pembiayaan (Amount Finance) menjadi Rp 8,11 triliun pada periode Januari-Maret 2022, naik sebesar 11,59 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021, yaitu Rp 7,27 triliun.

Sementara pertumbuhan booking unit (BU) tercatat meningkat 5,07 persen menjadi 665 ribu unit pada periode Januari-Maret 2022 dibanding periode sama di 2021 yaitu 633 ribu unit.

Kinerja positif dari berbagai indikator ini menghasilkan peningkatan laba bersih 83,20 persen menjadi Rp 750,78 miliar pada Januari-Maret 2022 dibanding periode sama pada tahun sebelumnya, di angka Rp 409,80 miliar.

Baca Juga:
Astra Financial Kembali Jadi Sponsor Perhelatan Otomotif GIIAS 2022

“Inovasi digital yang dikembangkan PT FIF mengacu kepada setiap proses bisnis berdasarkan perspektif customer journey, mulai dari proses sales, order, akuisisi kredit, penyaluran pembiayaan, manajemen akun/kontrak, hingga proses collateral dalam penyimpanan jaminan kontrak kredit,” jelas Margono Tanuwijaya.

FIFGROUP akan menanam 33.000 pohon yang tersebar di sepuluh titik wilayah Indonesia sepanjang 2022  [FIFGroup].
FIFGROUP menanam 33.000 pohon yang tersebar di sepuluh titik wilayah Indonesia sepanjang 2022 [FIFGroup].

Berbagai produk digital yang dihadirkan PT FIF untuk membantu seluruh proses bisnis di antaranya adalah FIFGROUP Mobile (FM) Sales dan Digital Leads yang membantu proses penjualan, E-Form dan Smart Aqcuisition untuk membantu proses pengajuan order dan mempercapat akuisisi kredit customer.

FM Mobile Collection dan Smart Collection untuk mempermudah proses penagihan tanpa harus melakukan kunjungan, dan berbagai produk digital yang membantu proses bisnis lebih efisien, efektif dan produktif.

“Bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemilau 33 Tahun, PT FIF akan terus memberikan upaya terbaiknya sebagai partner solusi finansial bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya,” lanjut CEO PT FIFGROUP.

PT FIF memiliki empat lini bisnis utama pada layanan pembiayaan yang disediakan. Yaitu:

  • FIFASTRA, jasa pembiayaan sepeda motor baru Honda
  • DANASTRA, jasa pembiayaan multiguna
  • SPEKTRA, jasa pembiayaan multiproduk
  • AMITRA, jasa pembiayaan syariah PT FIF.

Penyaluran pembiayaan setiap lini bisnis PT FIF memperlihatkan peningkatan pada periode Januari-April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peresmian program "Astra Financial" dalam GIIAS, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City – Tangerang. (Dok: Astra Financial)
Peresmian program “Astra Financial” dalam GIIAS 2019 bersama Presiden RI Joko Widodo, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City – Tangerang [Astra Financial].

FIFASTRA sebagai core bisnis perusahaan berhasil mencatatkan penyaluran pembiayaan Rp 7,10 triliun pada periode Januari-April 2022, naik 9,10 persen dibanding periode sama 2021, yang mencapai Rp 6,51 triliun.

Juga mencatatkan peningkatan jumlah booking unit sebesar 12,8 persen, menjadi 420 ribu unit pada periode Januari-April 2022 dibanding periode sama pada tahun sebelumnya yang hanya mencapai 373 ribu unit.

DANASTRA mencatatkan penyaluran pembiayaan Pp 3,92 triliun atau naik sebesar 13,4 persen pada periode Januari-April 2022 dibandingkan periode yang sama 2021 dengan nilai pembiayaan Rp 3,46 triliun.

Jumlah booking unit DANASTRA menjadi 456 ribu booking pada periode Januari-April 2022, turun 1,3 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu mencapai 461 ribu unit.

SPEKTRA, jumlah nilai penyaluran pembiayaan mengalami kenaikan 53,04 persen menjadi Rp 254,45 miliar pada periode Januari-April 2022 dibanding periode sama 2021 yang hanya mencapai Rp 166,24 miliar.

Dari sisi booking unit, SPEKTRA mencatatkan pertumbuhan sebesar 10,13 persen menjadi 38 ribu unit pada periode Januari-April 2022 dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya, yaitu 35 ribu unit.

AMITRA pada periode Januari-April 2022 mengalami peningkatan penyaluran pembiayaan sebesar 4,68 persen menjadi Rp 29,4 miliar dibanding periode yang sama pada 2021 yang mencapai Rp 28,06 miliar.

Secara jumlah booking unit, AMITRA mencatatkan pertumbuhan sebesar 41,05 persen, menjadi 1.687 unit pada periode Januari-April 2022 dibandingkan periode yang sama pada 2021 yang mencapai 1.196 unit.

Dan dalam rangka mendukung implementasi program berkelanjutan yang mengacu kepada Environment, Social, and Governance (ESG), PT FIF telah mencatatkan pelaksanaan berbagai program yang masuk ke dalam empat pilar, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Pada pilar kesehatan, dalam rangka merayakan HUT Kemilau 33 Tahun, PT FIF mendukung program Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mengumpulkan kantong darah sebagai persediaan darah untuk masyarakat Indonesia. Target PT FIF mengumpulkan 33.000 kantong darah sepanjang 2022.

Program pada pilar kesehatan lainnya adalah membantu penderita stunting di 13 wilayah di Indonesia.

Untuk pilar lingkungan, hingga April 2022, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemilau 33 Tahun, PT FIF menyalurkan Dana Sosial Syariah dengan mengimplementasikan penanaman 33.000 pohon sepanjang 2022 se-Indonesia, di mana hingga April 2022 terlaksana penanaman 10.525 bibit.

Selain itu melakukan pemasangan solar panel sebagai salah satu sumber energi listrik di tujuh cabang PT FIF pada 2022 dengan total kapasitas yang berhasil terpasang sebesar 86,4 kilowatt-peak (KWp).

Program ini diharapkan dapat mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global, sehingga operasional bisnis PT FIF lebih ramah lingkungan.

Pada program pemberdayaan masyarakat, untuk terus membantu pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, PT FIF menargetkan penyaluran Program Dana Bergulir yang berasal dari Dana Sosial Syariah, di mana program telah berlangsung sejak 2016 hingga 2021 dengan total jumlah penerima kebermanfaatan sebanyak 803 UMKM.

Pada tahun ini, PT FIF kembali melaksanakan program tadi dengan menargetkan penyaluran program pinjaman modal usaha tanpa bunga untuk 550 pelaku UMKM di 2022 dengan total bantuan yang disalurkan Rp 1,9 miliar. Sehingga total jumlah penerima Program Dana Bergulir dari 2016 hingga 2022 sebesar 1.353 UMKM dengan total dana yang disalurkan lebih dari Rp 4,2 miliar.

Di pilar pendidikan, PT FIF turut melaksanakan kegiatan penyaluran bantuan untuk 33 Panti Asuhan di Indonesia dalam mengembangkan program pembinaan bagi santri-santri di seluruh panti asuhan itu.

Program lainnya yang dilakukan untuk mendukung pendidikan di Indonesia adalah dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Guru sebagai program untuk meratakan kompetensi guru-guru di Indonesia.



#Gelar #Temu #Daring #Federal #International #Finance #Umumkan #Pertumbuhan #Positif #Tahun #Ini

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.