Kapan Waktu Ganti Oli Motor yang Tepat?

by -597 Views
Kapan Waktu Ganti Oli Motor yang Tepat?

Garudamuda.co.id – Bila Anda memiliki kendaraan motor, akan sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kapan waktu ganti oli motor yang tepat. Selain itu, pastikan memilih jenis oli yang tepat saat mengganti oli mesin motor agar bisa merasakan manfaatnya.  

Satu hal yang perlu Anda pahami, jika Anda pernah menggunakan oli motor jenis tertentu, sebaiknya Anda tidak mengganti oli motor dengan jenis lain. Ini berguna agar membuat mesin awet karena oli perlu menyesuaikan kekuatannya dengan kondisi mesin. 

Lantas, kapan waktu ganti oli motor yang tepat? Untuk selengkapnya, mari simak penjelasannya berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor

Baca Juga:
Guard Ring 6 Airbags, Teknologi Kantong Penyelamat di Kabin Chery Tiggo 7 Pro

Ilustrasi oli bekas

Saat akan mengganti oli motor, hal yang perlu diperhatikan adalah mengetahui waktu yang tepat untuk menggantinya. Terkait dengan hal tersebut ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti:

  • Oli mesin bisa diganti bila sudah dicek menggunakan botol bersih untuk pengambilan sampel oli. Anda bisa mengecek terlebih dahulu bagaimana kualitas oli di laboratorium sebelum menggantinya dengan yang baru, atau dengan meneteskannya ke tisu dan melihat seberapa hitam oli tersebut. Semakin hitam dan keruh, semakin perlu untuk diganti.

Bagi seorang pebisnis, penggunaan botol bersih juga tidak boleh sembarangan karena harus menggunakan botol yang memang berfungsi untuk pengambilan sampel minyak dan biasanya didapatkan dari perusahaan alat tester yang terpercaya.

  • Saat menangani mesin motor, perhatikan jenis oli yang digunakan karena umumnya setiap oli memiliki standar khusus kapan harus diperbarui. Misalnya untuk oli bekas motor baru, terkadang oli mesin harus diganti saat sudah mencapai 2500km. Jika dianalogikan dengan waktu, umumnya kendaraan harus diganti oli mesin setiap 3-4 bulan sekali.

Nah, saat mengganti oli motor, Anda harus memperhatikan cara penggantian oli yang benar agar tidak terjadi kebocoran atau kerusakan pada mesin. Secara umum, saat melakukan penggantian oli, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti berikut:

  1. Jangan menggunakan semprotan angin bertekanan tinggi untuk membersihkan sisa oli di dalam katup mesin, karena secara tidak sengaja dapat membuat kotoran yang menempel pada filter menyebar ke area mesin.
  2. Ganti ring oli mesin setiap kali memperbarui oli mesin untuk mencegah risiko kebocoran yang mungkin terjadi.
  3. Jangan membuka baut penguras oli secara paksa dan dalam kondisi panas agar bagian baut pengunci tidak rusak.

Demikian informasi mengenai kapan waktu ganti oli motor yang tepat dan cara menggantinya. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama bagi pengendara motor pemula.

Kontributor : Ulil Azmi

Baca Juga:
Banyak Dipilih Pabrikan, Ini Keunggulan dari Lampu LED



#Kapan #Waktu #Ganti #Oli #Motor #yang #Tepat

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.