Bikin Penasaran, Simak di Sini

by -481 Views
Bikin Penasaran, Simak di Sini

Garudamuda.co.id – Jenis ban tubeless atau lebih dikenal dengan sebutan tubles, adalah jenis ban yang saat ini banyak digunakan kendaraan bermotor. Tidak hanya memiliki daya tahan lebih baik pada kebocoran, ban jenis ini juga dinilai lebih nyaman digunakan. Sebelumnya, Anda wajib memahami cara aman pasang bang tubles untuk kendaraan.

Meski bisa dilakukan dengan membawa motor atau mobil Anda ke bengkel, namun tidak ada salahnya juga untuk mencobanya sendiri di rumah. Yang wajib disadari adalah pemasangan ini tetap harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat, agar risikonya bisa diminimalkan.

Berikut cara aman pasang ban tubles untuk kendaraan:

1. Menggunakan Manset

Baca Juga:
Cara Cek Tilang Online: Serba Sederhana, Begini Langkah-langkahnya

Manset adalah karet khusus untuk menutup jeruji dibalik velg jari-jari atau untuk menutup celah pada bagian yang sudah berkarat. Manset ini bisa didapatkan di toko ban dengan harga yang cukup murah, hanya sekitar Rp20.000 saja.

Penggunaan manset sendiri diaplikasikan di bagian dalam velg, sehingga velg jari-jari bisa menggunakan ban tubles dengan baik tanpa adanya kebocoran. Caranya agak kompleks dan perlu kecermatan tinggi, untuk cara ini Anda bisa meminta arahan dari bengkel atau mencobanya dengan panduan video YouTube.

2. Menggunakan Sealant

Untuk penggunaan sealant sendiri Anda perlu lem silikon, aplikator, dan hair dryer untuk proses pengeringannya nanti.

Oleskan lem silikon di bagian tengah velg jari-jari dan pastikan lubang pentil tidak tertutup le. Keringkan dengan hair dryer, kemudian pasang ban tubles ke velg tersebut. Untuk memastikan tidak ada kebocoran, gunakan cairan anti bocor di bagian dalam untuk berjaga-jaga bilamana ada lem yang terkelupas.

Baca Juga:
Cari Alternatif Bensin, Produsen Jeroan Motor Elektrik Bosch Ikut Bikin Mesin Hidrogen

3. Menggunakan Ban Dalam

Cara aman pasang ban tubles untuk kendaraan yang ketiga adalah dengan menggunakan ban dalam. Ban yang digunakan bisa menggunakan ukuran 14 inci untuk motor matic (dan menyesuaikan untuk kendaraan lain), karena ukuran ini dapat menguatkan ban dengan velgnya.

Potong bagian tengah ban dalam, kemudian masukkan ke velg jari-jari. Lubang-lubang di jari-jari velg akan tertutup karena ban dalam lebih kecil. Pasang ban luar dengan membiarkan ban dalam matic yang dipasang sebelumnya keluar bagian velg, sehingga berfungsi sebagai penyegel.

Itu tadi tiga cara aman pasang ban tubles untuk kendaraan. Sebenarnya lebih disarankan untuk membawanya langsung ke bengkel kepercayaan Anda. Namun jika memang ingin dicoba sendiri, pastikan cermat dan pahami risikonya ya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Bikin #Penasaran #Simak #Sini

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.