Bikin Penasaran, Ini Pengertian, Proses dan Manfaatnya

by -331 Views
Bikin Penasaran, Ini Pengertian, Proses dan Manfaatnya

Garudamuda.co.id – Perawatan mesin mobil diperlukan secara rutin, agar kondisi mesin tetap dalam titik paling prima. Salah satu proses yang sering direkomendasikan adalah rabon cleaner engine, yang dalam istilah bengkel di Indonesia disebut dengan gurah mesin mobil.

Tapi apa sebenarnya yang dilakukan pada prosedur gurah mesin mobil ini sendiri? Apakah kemudian mobil diberikan perlakuan khusus? Apakah treatment ini bisa digunakan pada semua jenis mobil?

Nah, beberapa pertanyaan mendasar tersebut bisa Anda dapatkan jawabannya di sini!

Apa Itu Gurah Mesin Mobil?

Baca Juga:
Mobil Lubricants Optimis Max Verstappen Mampu Pertahankan Gelar Juara Dunia Setelah Raih Kemenangan di F1 GP Kanada

Ilustrasi bengkel mobil. (freepik)

Gurah mesin mobil sendiri adalah perlakuan yang diberikan pada mobil untuk membersihkan kerak karbon yang menempel pada bagian dalam mesin. Proses ini juga bertujuan untuk membersihkan endapan lain yang mungkin ada di dalam mesin, dan mengurangi performa umum mesin mobil Anda.

Kerak karbon ini sendiri bisa muncul karena beberapa hal. Misalnya penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan mobil, atau penyetelan pengapian kendaraan yang tidak tepat.

Proses pembakaran di dalam mesin tidak optimal, sehingga muncul endapan karbon dan lainnya di dalam mesin yang mengurangi performa mesin dari waktu ke waktu.

Apakah Bisa Dilakukan Setiap Jenis Mobil?

Secara umum, gurah mesin mobil sebenarnya khusus dilakukan pada kendaraan berbahan bakar bensin. Pembakaran di mesin yang terjadi pada jenis mobil berbahan bakar ini terkadang tidak optimal karena penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai.

Baca Juga:
Pabrik Baterai Motor dan Mobil Listrik Bakal Menjadi Penyumbang Investasi Terbesar di Kendari

Untuk pembersihan mesin mobil berbahan bakar solar, mungkin ada prosedur lain yang bisa diterapkan. Istilah gurah mesin biasanya spesifik digunakan untuk treatment pada mobil berbahan bakar bensin saja.

Proses Gurah Mesin Mobil

Proses yang dilakukan adalah dengan menggunakan carian kimia khusus serta pembersih karbon yang dimasukkan ke dalam mesin. Cairan ini dimasukkan melalui saluran oli, dan diputar bersama oli mesin untuk merontokkan kerak yang menempel di dinding mesin.

Setelah dirasa menyeluruh, pembersihna dilakukan dengan menguras kembali seluruh bagian dalam mesin sampai kondisi mesin benar-benar bersih dari cairan kimia, dan semua kerak karbon bersih. Hal ini wajib dipastikan agar tidak terjadi resiko kerusakan piston akibat gagalnya pembakaran karena masih ada cairan kimia yang berada di dalam mesin.

Itu tadi sedikit pembahasan mengenai gurah mesin mobil yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan mesin. Semoga berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Bikin #Penasaran #Ini #Pengertian #Proses #dan #Manfaatnya

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.