Ini Sederet Patokan-patokannya, Simak di Sini

by -436 Views
Ini Sederet Patokan-patokannya, Simak di Sini

Garudamuda.co.id – Pengguna mobil yang tengah mencari informasi terkait kapan waktu ganti oli mobil yang tepat bisa membaca artikel ini. Di sini, akan disampaikan beberapa hal yang bisa jadi acuan untuk menentukan waktu penggantian oli agar tidak terlambat, sehingga mobil tetap bisa berfungsi optimal.

Oli sendiri menjadi salah satu perlengkapan penting di dalam mesin mobil, karena tanpanya gesekan yang terjadi pada mesin akan membuat kondisi mesin cepat aus dan lekas mengalami kerusakan. Berikut, dua acuan utama waktu ganti oli mobil yang tepat yang bisa disampaikan.

Berdasarkan Waktu Penggunaan

Ilustrasi oli mobil. [Pixabay]

Salah satu indikator yang digunakan untuk menentukan waktu ganti oli mobil yang tepat adalah indikator waktu. Misalnya, setiap 3 bulan sekali, atau setiap 6 bulan sekali. Namun hal ini juga mempertimbangkan jarak tempuh yang sudah dilalui mobil.

Baca Juga:
Toyota Gabung ke Redwood Materials untuk Proyek Remanufaktur Baterai Mobil Listrik

Untuk periode 3 bulan sekali, oli mobil bisa diganti secara rutin atau ketika mobil telah mencapai jarak tempuh 10.000 km. Jarak tempuh ini adalah jarak tempuh ideal fungsi oli optimal yang bisa digunakan. Waktu 3 bulan ini bisa dipilih jika dalam waktu 3 bulan mobil mencapai jarak tersebut atau lebih.

Bagaimana dengan 6 bulan?

Waktu ini direkomendasikan untuk Anda yang menggunakan mobil lebih baru, sehingga kondisi mesin idealnya lebih baik. Di sisi lain, penggantian oli 6 bulan sekali juga bisa dilakukan ketika setelah 6 bulan penggunaan jarak tempuh belum mencapai 10.000 km.

Intinya, mana angka yang tercapai lebih dahulu, itu yang direkomendasikan.

Berdasarkan Tanda pada Mobil

Baca Juga:
Viral Aksi Heroik Pria Berkaus TNI Selamatkan Balita yang Terkurung Dalam Mobil, Bikin Publik Salut

Selain menggunakan acuan pada jarak tempuh atau waktu sekian bulan, Anda juga bisa memastikan waktu ganti oli mobil yang tepat dengan melihat beberapa tanda yang muncul dari mobil kesayangan Anda. Setidaknya ada 5 tanda yang biasa muncul jika oli sudah waktunya diganti. Berikut secara singkat daftarnya.

  1. Suara mesin kasar bahkan sejak mesin mulai dinyalakan
  2. Warna oli sudah menjadi hitam pekat dan teksturnya menjadi encer
  3. Menyalanya lampu indikator pada panel dashboard mobil Anda
  4. Mobil terasa berat saat melakukan akselerasi
  5. Munculnya asap yang berwarna pekat dari knalpot mobil

Jika kelima tanda ini sudah muncul artinya Anda perlu benar-benar mengganti oli mobil Anda. Jika memungkinkan, lakukan juga servis pada mobil untuk melihat kondisi kendaraan secara umum.

Itu tadi beberapa tanda atau acuan waktu ganti oli mobil yang tepat untuk Anda. Semoga berguna, dan selamat menjalankan aktivitas selanjutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Ini #Sederet #Patokanpatokannya #Simak #Sini

Sumber : www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.