Motor Washer Berfungsi untuk Apa? Simak Rinciannya di Sini

by -4608 Views
Tiga Penyebab Utama Sapuan Wiper Mobil Tidak Bersih

Garudamuda.co.id – Motor washer adalah salah satu komponen mobil yang fungsinya untuk membantu kinerja sistem wiper sehingga berguna untuk mengurangi beban kerja wiper. Penting untuk mengetahuu motor washer berfungsi untuk apa saja. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai fungsi motor washer.

Diketahui, kotoran pada mobil terkadang sulit untuk dibersihkan jika hanya menggunakan wiper. Butuh cairan khusus guna membersihkan kotoran tersebut. Maka dari itu,  penggunaan sistem washer diperlukan untuk menyemprotkan cairan pembersih pada kaca depan maupun belakang.

Sekarang ini, banyak kendaraan mobil yang menggunakan sistem washer elektrik, yang mana salah satu bagiannya yaitu motor washer. Kira-kira motor washer ini berfungsi untuk apa saja? Untuk selengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini yang dihimpun dari situs Teknik Otomotif.

Kontrol operasikan wiper [Envato Elements/duallogic].

Fungsi Motor Washer

Baca Juga:
Curhat Pemilik Kios Geram dengan Ulah Pedagang Bakso, Lahan Parkir Kendaraan Jadi Pemicunya

Motor washer memiliki fungsi menggerakkan pompa agar cairan pembersih dalam tangki washer bisa disalurkan dan kemudian disemprotkan ke bagian kaca mobil. Adapun motor washer terbagi menjadi beberapa tipe, adapun tipe yang sering digunakan secara umum yaitu sebagai berikut:

  • Tipe wound motor adalah gaya magnet yang diperoleh dengan cara menggunakan kumparan coil guna menghasilkan gaya elektromagnet
  • Tipe ferrite motor adalah gaya magnet yang diperoleh dari magnet permanen. Saaf ini, tipe ferrite motor ini yang lebih sering dimanfaatkan sebagai motor washer.

Pada pompa yang digerakan juga terdapat beberapa tipe yakni tipe geat type (roda gigi), tipe squeeze, dan tipe sentrifugal. Dewasa ini, pompa yang umum digunakan yaitu tipe sentrifugal. Pasalnya, tipe ini mempunyai daya tahan lebih kuat jika dibandingkan tipe pompa lainnya. Selain itu, komponen-komponen yang bersinggungan juga cenderung kecil sekali. 

Hanya saja, ada kelemahan pada tipe sentrifugal ini. Adapun kelemahan yakni tidak mampu untuk menghisap cairan washer jika posisi tangki terletak di bawah pompa. Maka dari itu, posisi pompa tipe sentrifugal ini terlerak di bagian bawah tangki washer.

Nah demikian informasi mengenai fungsi washer motor untuk apa. Sebagai pengendara mobil, sangag disarankan untuk mengetahui berbagai komponen yang ada di dalamnya, termasuk sistem washer.

Semoga informasi tentang fungsi motor washer ini bermanfaat bagi pembaca, terutama bagi para pemilik kendaraan.

Baca Juga:
Hyundai Stargazer: Harga dan Spesifikasi, Ini Sederet Keunggulannya

Kontributor : Ulil Azmi



#Motor #Washer #Berfungsi #untuk #Apa #Simak #Rinciannya #Sini

Sumber : www.suara.com